Pemilihan Kids Leader Sebagai Ajang Pesta Demokrasi di SD Al Muslim Jatim

01 September 2023

Dalam rangka melatih dan mengenalkan demokrasi melalui pengalaman praktis pada peserta didik, Jum’at (01/09) SD Al Muslim mengadakan pemilihan Kids Leader untuk masa bakti 2023/2024. Pemilihan ini dilakukan dengan sistem pemungutan suara yang diikuti oleh seluruh siswa/siswi SD Al Muslim secara terbuka di Indoor SD Al Muslim.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB ini berlangsung dengan tertib dan lancar, terlihat dari antusiasme peserta didik saat pemilihan berlangsung. Peserta didik tetap melaksanakan proses belajar mengajar, sambil menunggu jadwal dan giliran untuk menyalurkan hak pilihnya.

Delapan calon Kids Leader diantaranya Arjuna Abisha Wicaksono (Arjuna) untuk kandidat nomor satu, Edelweiis Almahyra Aurariel (Edel) untuk kandidat nomor dua, Najwa Khaira Wilda Rahmawati (Wilda) untuk kandidat nomor tiga, Akhtar Parvez Dzikrathama Kusumadewa (Akhtar) untuk kandidat nomor empat, Hazdavema Grebisorha (Vema) untuk kandidat nomor lima, Mikayla Adeeva Prasetya (Adeeva) untuk kandidat nomor enam, Muhammad Arsyad Al Ghifari (Al) untuk kandidat nomor tujuh, Azza Razani Airlangga (Azza) untuk kandidat nomor delapan juga sangat bersemangat hingga keseluruhan proses selesai. Proses pemungutan suara dilaksanakan hingga pukul 12.00 WIB kemudian dilanjutkan dengan rekapitulasi suara pada pukul 13.00 WIB.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, dari ­­593 pemilih diperoleh 590 suara sah dan 3 suara yang dinyatakan tidak sah. Kandidat nomor satu mendapatkan 105 suara, kandidat nomor dua mendapatkan 93  suara, kandidat nomor tiga mendapatkan 50 suara, kandidat nomor empat mendapatkan 60 suara, kandidat nomor lima mendapatkan 47 suara, kandidat nomor enam mendapatkan  29 suara, kandidat nomor tujuh mendapatkan 55 suara,dan kandidat nomor delapan mendapatkan 151 suara. Dengan demikian, kandidat nomor delapan yakni Azza Razani Airlangga akan menjadi ketua dari kids leader masa bakti 2023/2024.

Kids leader adalah salah satu kegiatan guna meningkatkan personal excellence dari siswa yang menjadi salah satu tujuan dalam profil SD Al Muslim. Memimpin, mengatur, dan menjadi teladan kepada siswa/siswi SD Al Muslim adalah tugas yang akan diemban oleh delapan siswa kids leader nantinya. Harapanya dengan Kids Leader tersebut siswa/siswi SD Al Muslim dapat lebih disiplin, tertib, dan paham terhadap peraturan yang ada. Mulai dari, kerapian pakaian, kepedulian dalam kebersihan lingkungan sekitar, sopan santun dalam berbicara dan berprilaku, sekaligus memiliki rasa kepemimpinan. 

Ustadzah Kusnanik Sulandari, S.Pd. selaku Wakil Kepala sekolah bidang kesiswaan  mengucapkan selamat kepada kandidat yang terpilih “semoga acara ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri, tanggung jawab, dan integritas siswa SD Al Muslim” ujarnya.

Rangkaian kegiatan pemilihan Kids Leader SD Al Muslim ini sebetulnya sudah dilaksanakan sejak 28 Agustus 2023, diawali dengan proses penyampaian visi misi kepada seluruh siswa/siswi sekaligus guru SD Al Muslim dan puncaknya adalah pemilihan Kids Leader pada hari ini, Jumat 1 September 2023. Dalam pemilihan ini harapan kami dapat melatih dan menjunjung tinggi asas Pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, serta adil.

 

* Zita Saniyah, S.Ag.

Ketua Pelaksana Kids Leader SD Al Muslim  2023


wa