Kemah Anak Mandiri

2024-02-29

Kemah Anak Mandiri

Jumat (23/2) siswa-siswi TK Al Muslim semangat datang ke sekolah tepat waktu karena mereka akan melakukan kegiatan Kemah Anak Mandiri dengan tema ‘We are Independent Leaders’.Kegiatan kemah kali ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemandirian siswa-siswi jenjang kelompok B sehingga tercapailah target lulusan profil TK Al Muslim, yaitu Critical & Creative Thinker serta Managing & Collaboration.

Kegiatan kemah dimulai pukul 07.15-13-30. Di pagi hari anak-anak saling bekerjasama mendirikan tenda di halaman TK Al Muslim, mereka saling membantu mengikat tali pada tenda kemudian ditarik bersama-sama dan mengaitkannya pada pasak yang ada di sekitar tenda. Mereka juga bekerjasama memasang pasak supaya tendanya dapat berdiri kokoh sehingga dapat terbangun 2 tenda segitiga dan 4 tenda doom. Acara selanjutnya adalah pembukaan kegiatan Kemah Anak Mandiri, ustazah Siti Aminah, M.Pd. selaku kepala sekolah berpesan agar siswa-siswi kelompok B melalui kemah ini dapat menjadi pemimpin yang mandiri, berkarakter positif dan Rahmatan lil ‘Alamin.

Kegiatan Kemah Anak Mandiri diisi dengan berbagai fun games yang dapat meningkatkan kemandirian dan life skill siswa, diantaranya, pertama permainan 3M (Memakai, Mengancingkan, dan Melipat baju). Kegiatan ini selain untuk melatih kemandirian, juga dapat mengajarkan tanggung jawab dan mengembangkan keterampilan motorik halus yang penting untuk kehidupan sehari-hari, seperti menggenggam, melipat, dan merapikan bahan. Kegiatan kedua adalah memasak kentang goreng bersama teman sekelas, dengan pendampingan guru,  anak-anak saling bekerjasama menyiapkan peralatan masak yang akan digunakan di meja hall, seperti kompor portable, alat penggorengan, baskom, penjepit, tisu, dan piring. Ketika mulai praktik memasak, mereka antusias mencoba memasak kentang gorengnya secara bergantian. Ketiga adalah mencuci sandal bersama-sama.kegiatan ini juga bertujuan untuk menstimulasi anak supaya lebih mandiri, dan juga untuk mengajarkan pentingnya perilaku hidup  bersih dan sehat sehingga anak dapat menjaga barang miliknya agar tetap bersih dan terhindar dari kuman.

Semoga kegiatan Kemah Anak Mandiri dapat menjadi moment yang berharga bagi siswa-siswi kelompok B dan menjadi pembelajaran yang bermakna. (Dewi Suryowati, S.Hum/ TK).


wa