Peringatan Hari Gizi Nasional KB-TK Al Muslim Menggelar “Lomba Penghidangan dan Parenting Bekerjasama dengan FKM Unair”

2024-01-28

Peringatan Hari Gizi Nasional

KB-TK Al Muslim Menggelar 

“Lomba Penghidangan dan Parenting Bekerjasama dengan FKM Unair”

 

KB-TK Al Muslim memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) ke-64 dengan menggelar kegiatan Nutrition Fest yaitu; Lomba Penghidangan Sarapan Sehat dan Parenting dengan tema “Makanan Sehat Gizi Seimbang” bekerjasama dengan FKM Unair Surabaya, Sabtu, 27 Januari 2024

Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) merupakan momen terpenting bagi kehidupan manusia untuk meningkatkan kesadaran makan makanan bergizi  seimbang dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi, orang tua, dan guru KB-TK Al Muslim, dengan harapan semakin banyak orang tua sadar pemenuhan makanan gizi seimbang pada anak, dan pembiasaan makan sehat. Selain itu untuk menguatkan dimensi profil lulusan Living Health and Green yakni siswa dapat menunjukkan perilaku sehat, memiliki fisik sehat serta gizi seimbang

Kegiatan Peringatan Hari Gizi (HGN) diawali dengan senam bersama lagu isi piringku, wortel, dan gemar makan ikan (Gemari). Sambil menunggu tim juri dari FKM Unair Surabaya yang menilai “Penghidangan Sarapan Sehat” yang mereka bawa dari rumah, dilanjutkan dengan game mengelompokkan jenis sayur, buah dan junk food yang dipandu mahasiswa FKM Unair Surabaya, anak-anak sangat antusias dan semangat sekali ketika bermain game. Setelah bermain game dilanjutkan cuci tangan, berdoa makan dan minum, para siswa diperbolehkan makan bersama bekal  sarapan sehat bergizi seimbang dengan lahab. 

Sementara para wali murid mengikuti paparan parenting oleh Dr Sri Adiningseh, dr MS, MCN dari FKM Unair Surabaya yang menjelaskan berbagai macam gizi dalam sekali makan wajib mengandung 5+1, yakni bermacam-macam zat gizi yaitu karbohidrat, protein (hewani dan nabati), lemak, vitamin, mineral dan air. Karena tubuh membutuhkan berbagai macam nutrisi agar tetap sehat dan pertumbuhan dapat berjalan dengan optimal.

 

Pada puncak kegiatan ditutup dengan pengumuman pemenang lomba “Penghidangan Sarapan Sehat” dan penyerahan  hadiah kepada 12 pemenang lomba “Penghidangan Sarapan Sehat” serta foto bersama. Senang sekali para siswa-siswi dan orang tua KB-TK Al Muslim bisa mengikuti kegiatan Hari Gizi Nasional bersama FKM Unair Surabaya. (Nur Chasanah, S.Pd.AUD/Guru KB-TK Al Muslim)

 


wa