PROJECT I’M A HERO KB-TK AL MUSLIM

2023-11-15

PROJECT I’M A HERO KB-TK AL MUSLIM

Usia dini pada anak merupakan masa yang paling optimal dalam tumbuh kembangnya, dimana pada rentang waktu tersebut sangatlah penting ditanamkannya pendidikan karakter, memberi teladan dan dorongan untuk berbuat baik, dan penanaman budi pekerti atau istilah kerennya seeding good values. 

Kegiatan pembelajaran project intrakurikuler dengan topik I’m a Hero dilaksanakan di KB-TK Al Muslim selama kurang lebih 2 minggu. Project ini bertujuan untuk menguatkan karakter anak, utamanya dalam dimensi Integrity dan caring and sharing pada six profile Al Muslim. Dari project ini diharapkan anak dapat menjadi pahlawan bagi dirinya sendiri, orang tua, maupun orang lain disekitarnya dengan cara meningkatan karakter kemandirian dan disiplin  yang dilaksanakan melalui penguasaan life skill sehari-hari (mandiri dalam memimpin/menolong diri sendiri), misalnya menyiapkan dan mengerjakan keperluannya sendiri, disiplin dan menaati aturan yang sudah menjadi kesepakatan baik di kelas maupun sekolah, misalnya datang sekolah tepat waktu, mengikuti upacara bendera dengan tertib dan lain sebagainya. 

Pada project ini, selain anak diharapkan bisa disiplin dan mandiri, anak juga bisa lebih care dengan teman, mau membantu teman ketika mengalami kesulitan dan yang paling penting bisa ikut serta melakukan aksi pencegahan terjadinya bullying. Anak-anak juga mendapatkan tugas birrulwalidain, yaitu berbuat baik kepada orang tua, yang dilaksanakan di rumah, misalnya: memijat ayah/bunda, mengambilkan minum ayah atau bunda, salat berjamaah, membantu pekerjaan rumah lainnya seperti merapikan bantal dan guling/tempat tidur, menyiapkan perlengkapan sekolah, memakai sepatu dan kaos kaki secara mandiri dan masih banyak lagi aktivitas lainnya.

Puncak kegiatan Project I’m a Hero, juga bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan 10 November 2023. Acara dimulai dengan upacara Hari Pahlawan, pawai bersama memakai baju pejuang/doreng, infaq dan donasi untuk Palestina, menyaksikan video birrulwalidain dan mengenal hari Pahlawan. Diakhir acara dibagikan trophy dan hadiah hiburan sebagai apresiasi untuk anak-anak yang sudah melaksanakan project dengan baik dan mengikuti lomba mewarnai Pahlawan pada hari sebelumnya. Semoga bermanfaat.

 (Triana Dewi. S.Pd.I/Guru KB-TK)


wa