“Berbagi Kasih, Perkuat Karakter Peduli”, Siswa Kelas VII SMP Al Muslim Sidoarjo Adakan Social Journey ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Surabaya

2023-11-10

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial karena hidup berdampingan dan saling membutuhkan satu sama lain. Oleh karena itu, dalam mengimplementasikan nilai-nilai sosial dan kemanusiaan, sebanyak 14 siswa kelas 7 didampingi oleh 2 guru SMP Al-Muslim Sidoarjo mengadakan kegiatan Social Journey ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Surabaya.

Rombongan memulai perjalanan pada pukul 08.45 WIB, sesaat setelah mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di sekolah. Setibanya di lokasi tujuan, rombongan siswa dan guru disambut dengan baik oleh pihak YKAKI. Tak hanya itu, seluruh siswa dan guru dipersilakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki ruangan agar tetap dalam kondisi yang bersih dan steril.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara, yakni ananda Zahra (VII Abdurrahman bin Auf) dan ananda Fafa (VII Umar bin Khattab). Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tilawah dan sari tilawah, serta sambutan dari ustadzah Maslahah selaku penanggung jawab kegiatan dan bu Vita Mahaswari selaku Kepala Cabang YKAKI Kota Semarang.                    

Dalam sambutannya, ustadzah Maslahah menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan Social Journey ke YKAKI Surabaya. “Semoga dengan adanya kegiatan ini, anak-anak akan meningkatkan rasa syukurnya dengan melakukan hal-hal yang positif, seperti meningkatkan ibadah kepada Allah swt, meningkatkan rasa berbakti pada orang tua, dan menumbuhkan kepekaan sosial kepada sesama”. Hal yang serupa disampaikan oleh bu Vita Mahaswari, “Bertepatan juga dengan Hari Pahlawan, semoga kunjungan kalian kesini menjadikan kalian pahlawan bagi teman-teman pejuang kanker dan tumor agar mereka kembali bersemangat untuk sembuh. Dengan berbagi, kita juga dapat meningkatkan rasa syukur kita atas apa yang sudah Tuhan kehendaki dalam hidup kita”.

Acara selanjutnya yakni games dan kegiatan mewarnai bersama dengan pasien YKAKI. Dalam kegiatan ini, siswa-siswi secara bergantian mengobrol dan mengajak pasien untuk mewarnai bersama. Keceriaan dan kebahagiaan terpancarkan dari wajah mereka. Bahkan, ada siswa yang menangis terharu mendengar kisah perjuangan mereka dalam melawan penyakit yang diderita.

Melihat kebersamaan siswa-siswi dengan para pasien, bu Indah selaku guru pengajar YKAKI Surabaya mengatakan bahwa kegiatan ini selain untuk menjaga silaturahmi, tetapi juga sebagai bentuk kepekaan dan kepedulian sosial siswa-siswi. “Alhamdulillah Al-Muslim ini giat sekali berkunjung dan mengadakan kegiatan dengan kami. Mulai dari SD, SMP, SMA, semuanya pernah berhubungan langsung dengan kami. Anak-anak juga terlihat senang, belajar untuk peduli kepada sesamanya,” ucapnya. Sebagai ungkapan terima kasih, bu Vita Maheswari mengatakan, “Terima kasih untuk hati yang mau berbagi dan waktu yang telah diluangkan untuk berbagi kasih dan semangat kepada kami”. 

Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan doa, penutup, pembagian bingkisan, serta foto bersama. 


wa