Hari Cuci Tangan Sedunia Pentingnya Pembiasaan Mencuci Tangan

2023-10-17

Kesehatan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan manusia dan menjadi kata kunci kebahagiaan Anak Usia Dini. Hal tersebut dapat dicapai dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Pentingnya pembiasaan mencuci tangan pakai sabun secara baik dan benar juga didukung oleh World Health Organization (WHO). Hal ini dapat terlihat dengan diperingatinya hari cuci tangan sedunia setiap tanggal 15 Oktober. 

Kegiatan peringatan hari cuci tangan sedunia dilakukan di KB-TK Al Muslim pada hari Jum’at, 13 Oktober 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi KB-TK Al Muslim bersama segenap Ustazah. Dilaksanakan di Hall pada pukul 08.00-09.30 WIB. Peringatan hari cuci tangan sedunia kali ini bertemakan “Pentingnya Pembiasaan Mencuci Tangan”. Peringatan hari cuci tangan sedunia yang dilakukan KB-TK Al Muslim adalah serangkaian kegiatan yang berisi pengenalan, pembiasaan praktik tentang cara melakukan cuci tangan yang baik dan benar sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Melalui pembiasaan ini anak dapat memperoleh pengetahuan, pemahaman yang bermakna tentang pentingnya pembiasaan mencuci tangan pakai sabun. Diharapkan setelah pelaksanaan kegiatan ini adalah terdapat perubahan agar terbiasa mencuci tangan dengan baik dan benar. Kegiatan peringatan hari cuci tangan diawali dengan siswa-siswi berbaris melakukan senam pesawat dan senam 7 (tujuh) langkah cuci tangan. Kemudian peserta didik diarahkan untuk masuk ke dalam kelas untuk melakukan kegiatan seperti biasa yaitu toilet training dan pembiasaan minum air putih. Tepat pukul 08.00 WIB seluruh siswa-siswi KB-TK Al Muslim berkumpul di Hall untuk ceremony peringatan hari cuci tangan.

Acara pertama yaitu menyimak drama Pala-Pili-Pulu Si Kuman yang dipersembahkan oleh perwakilan TK-B. Dalam drama yang ditampilkan mempunyai pesan tersirat yaitu kita harus selalu menjaga kebersihan dengan cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan/berkegiatan. Jika setelah bermain diluar dan tiba-tiba langsung makan, tidak cuci tangan terlebih dahulu bisa menyebabkan kuman masuk dan mengakibatkan sakit perut. Kegiatan selanjutnya menonton video gerak lagu cuci tangan persembahan dari Ustazah KB-TK Al Muslim. Kegiatan selanjutnya yaitu Ustazah mendemonstrasikan 7 langkah cuci tangan dengan memberikan arang yang disimbolkan itu kuman yang menempel pada tangan. Ustazah juga mengajak bagaimana kuman/arang ini bisa hilang dari tangan kita. Setelah itu seluruh siswa-siswi KB-TK Al Muslim melakukan cuci tangan secara serentak. 

Pentingnya pembiasaan cuci tangan pakai sabun, menjadi tanggung jawab bersama baik di sekolah dan di rumah. Diharapkan juga dengan peringatan ini anak-anak lebih memahami cara cuci tangan dengan baik dan benar. (Ustazah Nur Cholidah, S.Pd./KB-TK Al Muslim)


wa