Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Halal Bihalal SD Al Muslim

2023-05-02

Selasa (2/5) pukul 07.15  WIB, segenap siswa kelas 1-6 SD Al Muslim berbondong-bondong menuju lapangan outdoor untuk mengikuti kegiatan upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Cuaca pagi yang kurang mendukung membuat kegiatan tertunda selama 30 menit. Setelah hujan reda, kegiatan upacara dan halal bihalal dilanjutkan.

Upacara diikuti kurang lebih 666 siswa dan 53 guru bertemakan “Mengasah Kekayaan Spiritual dengan Belajar dari Makna Hardiknas serta Saling Memaafkan”. Kegiatan ini merupakan implementasi profil Spiritually Rich. Melalui kegiatan yang dirancang dengan hikmat oleh tim panitia yang diketuai Ustadzah Qonita, Alhamdullillah berlangsung dengan lancar.

Ustazah Muya selaku pembina upacara, beliau menyampaikan dalam sambutannya bahwa ada hal penting dalam kegiatan ini,” Anak-anakku sebagai siswa generasi penerus bangsa, alangkah baiknya kita selalu mengenang jasa pahlawan Indonesia tepatnya pahlawan pendidikan yaitu Ki Hajar Dewantara, amanah beliau untuk anak bangsa harus mengedepankan pendidikan.”

Selepas itu, dilanjutkan pembukaan acara halal bihalal oleh Ananda Rafa Karimul Qulub kelas 5 Al Khawarizmi dan sambutan halal bihalal dari Kepala Sekolah Ustazah Fatimatuz Zahroh, S.Pd., M.Pd. Beliau menyampaikan, “ Siswa SD Al Muslim sebagai Sang Pemimpin harus saling memaafkan lahir batin kepada teman maupun guru.” Berikutnya tausiyah oleh Ustad Achmad Muzaqqy, S.Ag., M.Si. yang bertema makna Hari Raya Idul Fitri dan ditutup dengam doa.

Pelaksanaan halal bihalal pukul 08.50 dimulai dengan kelas 1-6 berjalan untuk bersalaman dengan Ustad-Ustazah diiringi lagu Idul Fitri yang dinyanyikan Ananda Karin kelas 6 Ibnu Al Farabi. Semoga dengan diadakan kegiatan upacara Hari Pendidikan Nasional dan Halal Bihalal pada bulan Syawal 1444 Hl yang penuh ampunan ini, siswa diharapkan dapat membentuk karakter Sang Pemimpin untuk lebih semangat belajar dan saling memaafkan. (Qonita/Guru SD)

 


wa