Berita

SISWA SD AL MUSLIM PERINGATI SUMPAH PEMUDA DENGAN PAKAIAN ADAT

28 Oktober 2010

Jarum jam menunjukkan 6.50 WIB, di halaman SD Al Muslim tampak para orangtua mulai berdatangan mengantarkan anak-anaknya. Tetapi ada yang berbeda pada hari itu, Jumat (28/10), para siswa tidak datang dengan berseragam sekolah seperti biasanya, melainkan dengan memakai pakaian adat dari berbagai wilayah di Indonesia. Ada yang memakai pakaian adat Jawa, Minangkabau, Bali ,Dayak Kalimantan, dan juga beberapa pakaian adat dari daerah lainnya.

Pada hari itu seluruh siswa SD Al Muslim akan mengikuti peringatan hari Sumpah Pemuda dengan memakai pakaian adat. Peringatan dimulai dengan pelaksanaan upacara bendera di lapangan outdoor SD Al Muslim. Dengan mimik wajah yang ceria dan pakaian adat yang cantik di badannya, siswa-siswa mulai berbaris dengan tertib. Tepat pukul 07.30 upacara bendera dimulai dengan Ust. Madmudah, S. Ag, sebagai pembina upacaranya.

Diantara beberapa prosesi dalam upacara tersebut adalah pembacaan teks Sumpah Pemuda oleh pembina upacara dan diikuti oleh seluruh peserta upacara. Tampak siswa-siswa mengucapkan “Sumpah Pemuda” dengan semangat dan khidmat.

Dalam upacara bendera tersebut pembina upacara juga menyampaikan amanahnya kepada siswa-siswa, untuk selalu menjaga tali persaudaraan, saling menghormati dan menghargai perbedaan kepada siapapun, sehingga akan terwujud persatuan dan kesatuan bangsa, karena sebelum sumpah pemuda lahir, islam telah mengenal ukhuwah islamiyah, jadi umat islam harus mampu menjadi pioner dalam hal persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu siswa-siswa juga diajak untuk selalu bersyukur, dan juga berempati dan peduli dengan saudara-suadara kita di berbagai daerah khususnya yang sedang tertimpa musibah.

Upacara selesai pukul 08.00, dilanjutkan aksi teatrikal dari kelompok drama SD Al Muslim. Siswa-siswa yang sebelumnya berdiri dalam barisan, diperbolehkan duduk dengan santai untuk menonton aksi drama yang diperagakan teman-temannya di tengah lapangan. Seluruh siswa tampak antusias dan bersorak gembira.