Berita

MENJADI PEMBICARA YANG BAIK

01 November 2011


Berbicara adalah sebuah seni, bagi mereka yang mampu menguasai seni berbicara dan tidak pernah menyerah dalam hal belajar atau mempelajari seni berbicara akan mengalami perkembangan yang menakjubkan. Larry King, dalam bukunya yang berjudul ďSeni BerbicaraĒ menyatakan bahwa terdapat beberapa ciri seorang pembicara yang baik. Mereka yang disebut sebagai pembicara yang baik adalah :

  1. Memandang suatu hal dari sudut pandang yang baru, mengambil titik pandang yang tak terduga dari hal-hal umum yang biasa kita temui.
  2. Memiliki cakrawala yang luas. Mereka memikirkan dan membicarakan isu-isu dan beragam pengalaman di luar kehidupan mereka sehari-hari
  3. Antusias, menunjukan minat besar pada apa yang mereka perbuat, maupun pada hal-hal yang diungkapakan orang lain.
  4. (hampir) tidak pernah membicarakan diri mereka sendiri
  5. Sangat ingin tahu. Mereka bertanya, "mengapa?".Mereka ingin tahu lebih banyak mengenai apa yang anda katakan
  6. Menunjukan empati. Mereka berusaha menempatkan diri mereka pada posisi kawan bicaranya untuk memahami apa yang mereka (kawan bicaranya) katakan
  7. Memiliki selera humor
  8. Punya gaya bicara sendiri
Untuk menjadi seorang Conversationist yang baik membutuhkan waktu dan banyak-banyak sekali latihan. Lantas, bagaimanakah caranya agar bisa menjadi pembicara yang baik? Berikut ini adalah tips bagaimana menjadi seorang pembicara yang baik.
  1. Menguasai point utama dari bahan yang akan disampaikan
  2. Melakukan kontak mata dengan pendengar
  3. Berbicara secara alami. Dengan cara berbicara secara dinamis, dengan tingkat volume suara bervariasi, menaikkan dan menurunkan pitch, dan menggugah perasaan ke apa yang disampaikan.
  4. Tampil dengan tenang dan penuh percaya diri.