Berita

TINGKATKAN PENGETAHUAN PENINGGALAN SEJARAH DENGAN BERKUNJUNG KE MUSEUM

22 Maret 2019

Jum’at 22 Maret 2019, Siswa-Siswi kelas 7 SMP Al Muslim melaksanakan studi lapangan ke Museum Mpu Tantular yang berada di Kabupaten Sidoarjo. Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah agar anak-anak mengetahui sejarah-sejarah pada masa lampau karena pada zaman modern ini, generasi muda saat ini banyak menghadapi perubahan global dimana banyak budaya asing yang masuk ke Indonesia dan tidak bisa dipungkiri bahwa budaya asing tersebut telah berhasil menarik minat generasi muda Indonesia. Dengan dilaksanakannya studi lapangan ke museum, diharapkan anak-anak bisa memupuk kembali pengetahuannya tentang sejarah bangsa sehingga bisa semakin mencintai Indonesia.

Museum Mpu Tantular sendiri berlokasi di kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Awalnya museum ini bernama Historisch Museum Soerabaia dan didrikan oleh Godfried von Faber pada tahun 1933 dan diresmikan pada tanggal 25 Juli 1937. Di museum ini terdapat banyak sekali peninggalan-peninggalan bersejarah seperti pakaian adat pengantin, perhiasan-perhiasan, alat musik tradisional, dan masih banyak lagi. Di museum Mpu Tantular juga terdapat koleksi kayu, sepeda motor uap, telepon meja dan sepeda tinggi.

Siswa-siswi sendiri sangat antusias ketika berada di museum ini, mereka antusias melihat peninggalan-peninggalan bersejarah dan memainkan permainan-permainan tradisional yang ada di Museum Mpu Tantular. Dengan mengunjungi museum, diharapkan kecintaan terhadap peninggalan-peninggalan bersejarah dapat meningkat. Mengunjungi museum juga dapat dijadikan salah satu sarana agar siswa-siswi dapat mengenang kejayaan masa lalu sehingga dapat memotivasi siswa-siswi untuk membuat Indonesia lebih baik lagi.

Ustadzah Dyah / SMP Al Muslim