Berita

STUDY LAPANGAN DI TEKNIK LINGKUNGAN ITS

22 Maret 2019

Study Lapangan merupakan salah satu pembelajaran yang dilakukan di luar kelas. Dengan  pembelajaran  di luar kelas diharapkan siswa bisa mampu menyerap pembelajaran  dari sumber belajar yang lebih luas. Dalam hal ini siswa kelas VIII SMP Al Muslim mengadakan kunjungan ke Departemen Lingkungan (IPAL ) yang berada di Kampus ITS pada hari kamis, 21 Maret 2019. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mewujudkan  siswa sebagai generasi muda yang cerdas, berintelektual  dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan.  

IPAL atau instalasi pengolahan air limbah merupakan sebuah struktur yang dirancang untuk membuang berbagai limbah air (baik biologis maupun kimiawi) sehingga memungkinkan limbah tersebut untuk dikelola atau diolah pada aktivitas yang lain. Instalasi pengolahan air limbah tentunya sangat penting bagi kehidupan manusia berhubungan dengan kebutuhan air yang cenderung meningkat dari waktu ke waktu baik untuk memenuhi kebutuhan dasar misalnya untuk air minum, maupun untuk pembangunan ekonomi seperti untuk pengairan pertanian, industri, dan lain-lain.

Dalam kegiatan ini siswa mendapat penjelasan dan ditunjukkan ilustrasi pengolahan air limbah. Bahkan anak-anak melihat langsung ke tempat pengolahan air limbah serta ke lab sambil terus mendapatkan penjelasan dari Bapak dan Ibu yang bertugas saat itu.

Pada dasarnya air limbah terdapat 2 macam, yaitu  Air Limbah Industri dan Air Limbah Domestik (kegiatan Rumah tangga). Untuk Air Limbah Domestik ada yang disebut Black Water(dari WC) ada juga yang disebut Grey water (dari selain Wc, Mandi Cuci dll)

Sistem pengolahan Air Limbah Domestik adalah:

  1. Sistem setempat / on site ( individu/komunal), Sistem dimana fasilitas pengolahan air limbah di dalam persil atau batas tanah yang dimiliki.
  2. Sistem terpusat/off site, Sistem dimana fasilitas pengolahan air limbah berada di luar persil atau dipisahkan dengan batas jarak atau tanah yang menggunakan system perpipaan untuk mengalirkan air limbah dari rumah secara bersamaan menuju PAL

Adapun tantangan dalam pengolahan Air Limbah Domestik adalah:

  1. Aspek regulasi : Pengamnil kebijakan
  2. Aspek Teknis : Masih mengandalkan septictank yang tidak layak secara teknis, Cakupan pelayanan masih rendah untuk sistem perpipaan (pengolahan terpusat/ off site)
  3. Aspek Finansial : Membutuhkan pendanaan yang besar
  4. Aspek Budaya dan Sosial : Kurangnya kesadaran akan sanitasi dan Kurangnya pemahanan bahwa black water dan grey water Harus diolah

Sedangkan Dampak Pembuangan limbah cair adalah Badan air menjadi septik, kandungan DO menurun, kerusakan ekosistem dang pendangkalan

Adapun manfaat instalasi pengolahan air limbah (IPAL) atau yang biasa disebut dengan Wastewater Treatement Plant diantaranya,

  1. Memungkinkan suatu teknologi yang dapat mengolah air limbah domestik atau industri sehingga air tersebut dapat digunakan kembali sesuai kebutuhan baik kebutuhan dasar makhluk hidup maupun dipakai untuk industri lagi.
  2. Hasil limbah dari pabrik atau sektor industri tidak akan mencemari lingkungan skeitar misalnya sungai yang nantinya berdampak pada kualitas air di tempat sekitar.
  3. Membangun keberlangsungan hidup biota-biota yang hidup pada ekosistem sungai atau di tempat dekat pembuangan limbah pada pabrik/sektor industri 

 

(Ustadzah Ifa/SMP Al Muslim)