Berita

STUDI TOUR TO POCARI SWEAT

03 Maret 2011

Kali ini study lapangan kelas 3 termasuk yang istimewa yaitu berkunjung ke perusahaan asing besar PT. AMERTA INDAH OTSUKA yang memproduksi POCARI SWEAT. Tepat hari kamis tanggal 3 Maret 2011, seluruh siswa kelas 3 yang berjumlah 83 siswa melakukan study lapangan ke PT. Amerta Indah Otsuka Kejayan Pasuruan dengan menggunakan 4 bus. Pukul 07.10 seluruh siswa berbaris dengan sangat gembira, tak sabar untuk segera berangkat. Setelah Ustadzah Zahroh memberi pengarahan dan memimpin doa, seluruh siswa menuju bus masing-masing. Tepat pukul 07.30 bus keluar dari halaman sekolah menuju Pasuruan.

Alhamdulillah perjalanan sangat lancar dan sampai di PT. Amerta Indah Otsuka pukul 09.15. Kami semua tercengang melihat begitu besar gedungnya, luasnya pabrik, dan indahnya tatanan pabriknya. Setelah bus melewati gerbang, ketua rombongan ustadzah Joelis lapor ke security. Kita diberi pengarahan tentang larangan yang tidak diperbolehkan di daerah pabrik seperti tidak membuang sampah sembarangan. Setelah diberi pengarahan, kami semua dipersilahkan untuk menuju ke lobby. Di pabrik pun kita disambut dengan hangat, seolah tidak cukup bagi kami menyaksikan keindahan, kebersihan, dan kenyamanan pabrik dari halaman depan. Seluruh siswa sangat senang dan antusias melihat area tersebut, begitu besar, bersih dan udaranya sangat sejuk tidak terasa panas. Sesampainya di Lobby kami disambut oleh Mas Dedi dan kami dipersilahkan menuju lantai 2. Di lantai 2 seluruh siswa diminta untuk berbaris, kemudian setiap siswa diberi koin untuk mengambil 1 botol POCARI SWEAT gratisss, duh senangnya setelah melewati perjalanan jauh kami diberi minuman yang begitu segar dan sehat .
AYO FRIENDS.. AKU JUGA MAU LOHH…. HEMM SEGARRRRNYA…

Setelah semua siswa dan guru mendapat koin untuk mengambil POCARI SWEAT dan langsung meminumnya, kemudian kami diantar ke ruang pesentasi. Ternyata tidak hanya Mas Dedi saja yang menyambut kedatangan siswa SD Al Muslim, layar di ruang presentasi pun ikut menyambut kita lohh. Di ruangan tersebut, kami diperlihatkan pada berbagai hal, diantaranya sejarah perusahaan Otsuka, visi - misi dan dan apa yang telah dicapai. Kamipun juga diperlihatkan profil pabrik POCARI yang pertama dibangun di Indonesia yaitu di Sukabumi. Pada dasarnya, Otsuka adalah seorang dokter dari Jepang dan perusahaan yang didirikannya berawal dari cairan infuse. Jika diselidiki, komponen cairan infuse tidak berbeda dengan POCARI SWEAT koq. Kami juga mendapat penjelasan dari Mas Dedi tentang pentingnya cairan bagi tubuh dan cara menghitung jumlah cairan yang diperlukan tubuh.

Mas Dedi juga menampilkan suatu game yaitu "Game Ikan Pintar". Mas Dedi menunjukkan sebuah botol yang berisi air dan ikan, ketika mas Dedi bilang ‘ikan turun’ wah ternyata ikannya turun loh… 'ikan naik' ikannya pun naik, koq bisa ya? Ayo siapa yang mau mencoba, silahkan ke depan!

Setelah beberapa siswa mencobanya akhirnya ada yang berhasil memperagakan seperti mas Dedi yaitu ananda Adam 3C, Alhamdulillah dapat hadiah lohh.

Setelah penyampaian materi dan sesi tanya jawab, kami diajak untuk melihat-lihat proses produksi POCARI SWEAT. Sayangnya, kami tidak bisa melihat proses produksi secara langsung melainkan dari platform yang didesain untuk memantau proses produksi dari jauh. Karena produksinya aseptic, kami tidak diijinkan untuk masuk ke lokasi poduksi. Selain minuman POCARI, PT. Otsuka juga memproduksi makanan ringan yaitu soyjoy, tetapi yang memproduksi PT.Otsuka yang ada di Sukabumi. Setelah puas jalan-jalan mempelajari proses produksi POCARI ( kira-kira 2,5 jam ), kamipun mohon diri. Ternyata masih ada paket yang disediakan untuk kami semua. Di lantai satu, semua siswa dan guru diberi paket yang berisi POCARI dan soyjoy GRATISSS…. Wow senangnya… kita semua senyum lebar dan bersorak terima kasih POCARI dan tak lupa dengan slogannya "GO ION POCARI SWEAT". Dan tak lupa buat kenang-kenangan kita semua berfoto dengan mas dedi di halaman luar.

Tepat pukul 11.30 kami meninggalkan PT. Otsuka untuk kembali ke SD Al Muslim. Pukul 12.15 kami berhenti di masjid Cheng HO pandaan untuk sholat Dhuhur dan makan siang. Kami melanjutkan perjalanan lagi pukul 13.15. Arus lalu lintas porong merambat dan kami sampai di sekolah pukul 14.35. Alhamdulillah perjalanan dan pengalaman yang sangat menyenangkan.