Berita

SENANGNYA BERMAIN SIMPAI SAAT MOTORIK KASAR

17 Mei 2019

Simpai adalah alat berbentuk cincin besar yang terbuat dari satu bilah bambu atau rotan yang dipertemukan kedua ujungnya membentuk lingkarang. Bermain simpai sangatlah disukai semua anak. Bahkan orang dewasa pun banyak yang menyukai permainan simpai.

Simpai besar sekali manfaatnya bagi semua orang. Simpai bisa dipakai sebagai media dalam pembelajaran terutama dalam pengembangan motorik kasar anak. Seorang anak bisa melompat diatas simpai, menggelindingkan simpai ataupun merangkak melewati simpai. Selain itu orang dapat meliukkan badannya dengan simpai, sehingga terjadi gerakan tubuh yang meliuk-liuk.

Bagi dunia pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini umur 0-6 tahun, banyak sekali manfaat simpai ini. Simpai sebagai media penting dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak. Simpai dapat digunakan sebagai bermain, berlatih dan belajar.

Salah satu media pembelajaran sekaligus alat permainan yang menarik bagi anak adalah simpai. Anak-anak tidak akan bosan saat diajak bermain sampai. Sebanyak 15 siswa kelompok A1 TK Al Muslim diajak bermain simpai (15/5/2019). Anak-anak diajak melompat diatas simpai. Mereka bisa melompat dengan 2 ataupun 1 kaki diatas simpai. Selanjutnya anak-anak diajak merayap melewati simpai yang di tata seperti terowongan. Mereka tertawa gembira apabila berhasil melewati simpai. Permainan terakhir, anak-anak diajak menggelindingkan simpai dan menangkap simpai sebelum simpai tersebut jatuh ke lantai.

Tantangan menggelindingkan simpai ini sangatlah menarik bagi anak. Tertawa bahagia selalu terdengar saat ada temannya menggelindingkan simpai. Kegiatan yang menarik dan lucu bagi anak usia dini. Mereka harus percaya diri, konsentrasi  saat menggelindingkan simpai. Setelah itu anak-anak harus berjalan cepat ataupun berlari menangkap simpai tersebut supaya simpai tidak jatuh. Tampak wajah ceria dan senang saat mereka berhasil menggelindingkan simpai.

Tanpa disadari oleh anak, bahwa bermain simpai ini sangatlah bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan  fisik motorik, kesehatan anak, melatih ketangkasan gerak dan berpikir anak, meningkatkan perkembangan emosional anak, serta melatih kelenturan dan koordinasi jari dan tangan. Masih banyak lagi manfaat dari bermain simpai. Semoga anak-anak kita menjadi anak yang sehat jasmani-rohani dan berkarakter mulia. Aamiin ....

 

                                                                                                (Ustadzah Nur Fadhilah/TK)