Berita

PRAKTEK TANAM PADI OLEH SISWA TK AL MUSLIM DI TRAWAS

16 Maret 2011

Memandang alam dari atas bukit. Sejauh pandang ku lepaskan. Sungai tampak berliku. Sawah hijau terbentang……..Itulah cuplikan lagu artis cilik Tasya yang di nyanyikan para siswa TK Al Muslim saat sampai di lokasi Rumah Emak daerah Trawas Mojokerto. Pengalaman adalah guru yang paling berharga dalam kehidupan. Guna memberikan wawasan dan pengalaman pada anak didik, sudah menjadi agenda tahunan oleh TK Al Muslim untuk mengajak siswa TK B praktek langsung menanam padi. Tampak wajah bahagia saat para siswa sampai di Trawas untuk mengikuti rangkaian kegiatan tanam padi ( Rabu,16/3/2011).

Praktek tanam padi ini sengaja di daerah Trawas Mojokerto dengan tujuan untuk mengajak siswa menikmati suasana daerah pegunungan yang sejuk, melihat pemandangan alamnya yang indah, hamparan sawah yang terbentang seperti syair lagu yang dinyanyikan para siswa dan yang terpenting adalah praktek menanam padi di sawah bersama pak tani.

Kegiatan ini di awali dengan jalan – jalan menyusuri pematang sawah, melewati sungai yang jernih dan tentu saja menyapa para petani yang di temui. Sungguh kegiatan yang sangat menyenangkan. Setelah puas jalan – jalan, para siswa di ajak turun ke sawah untuk menanam padi layaknya petani sungguhan.

Suasana riang, penuh canda tawa dan menyenangkan tampak saat para siswa berhasil menanam padi. Namun terlihat juga anak yang menangis karena takut untuk turun dan menginjak lumpur sawah. Wah menyenangkan dan mengesankan…


( Nur Fadhilah, pengajar TK. Frau.nung@yahoo.com )