Berita

PETANI CILIK PANEN PADI DI KEBUN AL MUSLIM

07 Mei 2019

Sebutir nasi dalam sisa makanmu …
Mahal sekali dia sampai di situ …
Sebutir nasi jangan kau sia sia …
Karena dia datang dari sebutir padi …

Itulah lirik lagu Sebutir padyang menggambarkan betapa susahnya untuk menghasilkan beras, padi mulai dari awal pembibitan sampai dengan jadi nasi.

Pada tanggal 5 Mei 2019, kegiatan siswa KB-TK yaitu belajar memanen padi. Padi yang setiap hari mereka rawat sudah menguning. Dengan memakai caping seperti petani dan membawa gunting untuk memotong batang padi, mereka mulai bergantian memanen padi. Tangan mungil mereka mulai memotong satu persatu batang padi. Kemudian dikumpulkan dan ada yang belajar merontokan benih padi dengan cara dipukul-pukulkan dikayu.

Kegiatan panen padi adalah salah satu serangkaian kegiatan Green Education di Sekolah KB-TK Al Muslim. Green Education yaitu pembelajaran tentang lingkungan dan alam; yaitu  anak-anak di kenalkan secara langsung tentang pembelajaran alam dan lingkungan seperti menanam, menyiram atau merawat tanaman, serta nanti pada akhirnya yaitu memanen. Sebelumnya anak-anak sudah diajari cara menanam benih padi pada bulan November 2018.

Dengan kegiatan ini anak-anak mulai mengetahui proses terjadinya nasi yang setiap hari mereka makan. Dan mengajarkan mereka untuk menghargai para petani dan menghargai  ibu yang setiap hari menyiapkan makanan untuk mereka. 

Alhamdulillah anak-anak sangat menikmati dan senang sekali dengan kegiatan belajar panen padi pada hari ini, mudah-mudahan kegiatan ini membawa berkah bagi kita semua. Amin.

 

(Ustadzah Iis/TK Al Muslim)