Berita

PERINGATI HARI KEMERDEKAAN KE-74 RI SMP AL MUSLIM

23 Agustus 2019

Selasa, 13 Agustus 2019, SMP Al Muslim melakukan kegiatan peringatan hari kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia. Pada tahun ini tema yang kami angkat ialah Melalui Peringatan Hari Kemerdekaan, Kita Gali Potensi Siswa Menuju SDM Unggul. Hal ini bertujuan meningkatkan semangat juang para pemuda dengan kreativitas dan sportivitas pada pelaksanaan lomba. Peringatan hari kemerdekaan ini dilaksanakan dengan berbagai lomba. Ragam lomba yang diadakan dalam momentum ini adalah tarik tambang, sepak bola corong, hias caping, catur, bercerita, dan aransemen lagu.

Acara tersebut dimulai dengan pembukaan oleh ketua panitia di aula SMP Al Muslim pada pukul 07.30 WIB. Setelah itu, pada waktu yang bersamaan, acara dilanjutkan dengan lomba catur, tarik tambang, hias caping dan sepak bola dengan tempat yang berbeda. Lomba catur dilaksanakan secara berkelompok dengan sistem tiga lawan tiga di kelas VII B dengan penanggung jawab ustad Agus. Durasi lomba catur adalah 15 menit. Juara 1 dimenangkan oleh kelas IX C dengan anggota Amar, Abid dan Nuri. Juara 2 yaitu kelas VIII B dengan anggota Zanky, Naufal Alma dan Hasya. Juara 3 yaitu kelas VII C dengan anggota Didi, Dyo, dan Krisna.

Pelaksanaan lomba hias caping dilaksanakan dengan diikuti tiga siswi setiap kelas. Ustadzah Eko dan ustadzah Ifa yang menjadi penanggung jawab dalam lomba ini mengangkat tema lomba yaitu kemerdekaan RI. Pada lomba ini dimenangkan oleh kelas IX C, VIII C dan IX A. Juara 1 diraih oleh Noya, Nia dan Livia. Juara 2 diraih oleh kelompok yang beranggotakan Aurel, Farah, dan Safira. Sedangkan untuk juara 3 diraih oleh Laras, Risa, dan Nasa. Lomba tarik tambang yang dilaksanakan bersamaan dengan lomba hias caping pun dimeriahkan secara berkelompok di lapangan voli. Tiap kelas harus mengeluarkan anggota sebanyak sepuluh orang untuk mengikuti lomba ini. Penanggung jawab pada lomba ini adalah ustad Nasrul dan ustadzah Rahma. Juara 1, 2 dan 3 dalam lomba ini adalah kelas IX A, IX B dan VIII B.

Setelah lomba tarik tambang dilanjutkan lomba sepak bola corong. Penanggung jawab dalam lomba ini adalah ustad Haris. Lomba ini diikuti oleh lima siswa setiap kelas dengan memakai corong di wajah. Hal ini bertujuan untuk melatih konsentrasi siswa pada satu tujuan. Pada lomba sepak bola corong dimenangkan oleh kelas IX A (juara 1), kelas VIII B (juara 2) dan kelas IX B (juara 3).

Pada pukul 10.30 WIB dimulailah lomba bercerita tentang heroik/ kepahlawanan. Para siswa menggunakan baju sesuai dengan judul yang dipilih dengan tanpa membawa teks. Lomba ini diikuti oleh satu siswa/siswi dari perwakilan kelas. Lomba ini dilaksanakan di aula dengan penanggung jawab ustadzah Ais. Pemenang juara 1 dalam lomba tersebut adalah Millah (IX B) dengan judul Di Kala Mentari Tampak (R.A. Kartini). Juara 2 yaitu Shinta (VII A) dengan judul  cerita Pertempuran Surabaya 10 November. Juara 3 yaitu Nabila (VII C) dengan judul cerita Ki Hajar Dewantara.

Setelah ishoma, kegiatan dilanjutkan dengan lomba aransemen lagu di aula SMP Al Muslim. Lomba ini diikuti oleh seluruh siswa dalam kelas tersebut. Penanggung jawab dalam lomba ini adalah ustadzah Hilda. Lagu wajib yang harus dinyanyikan adalah Indonesia Raya. Lagu pilihan yang dapat dipilih oleh kelas adalah 17 Agustus, maju tak gentar, Indonesia Pusaka, Tanah Air, dan Garuda Pancasila. Para siswa antusias dalam mengaransemen lagu tersebut dengan membawa alat musik. Alat musik tersebut seperti gitar, kentrung, ukulele, dsb. Pada aransemen lagu ini, diselingi juga oleh puisi kepahlawanan. Juara 1 dimenangkan oleh kelas IX B dengan lagu pilihan Indonesia Pusaka. Juara 2 yaitu kelas IX D dengan lagu pilihan sama dengan kelas IX B. Juara 3 yaitu kelas IX C dengan lagu pilihan yaitu 17 Agustus.Acara ditutup  pukul 15.00 dengan sholat asar terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan pembagian hadiah oleh panitia. Perlombaan ini bukanlah akhir dari segala perjuangan. Kegiatan ini merupakan sebuah batu pijakan untuk lebih menjadi pribadi lebih unggul di kemudian hari.

Ustadzah Nurun Nisa’ul Istiqomah, S.Pd. (SMP Al Muslim)