Berita

PENGALAMAN ADALAH PEMBELAJARAN YANG BERKESAN

22 Maret 2019

Kala itu matahari pagi tak terlihat murung, ia tersenyum menawan dan menyebarkan kehangatannya pada siswa-siswi SD Al Muslim. Tampak sekali pancaran keceriahan para siswa semakin bertambah pada hari itu, tepatnya pada hari Rabu tanggal 13 Maret 2019. Kegiatan yang paling diminati dan ditunggu oleh para siswa-siswi SD Al Muslim. Setelah sepekan lamanya mereka belajar dengan giat mengahadapi PTS Genap (Penilaian tengan semester) kini mereka dapat terhibur dengan kegiatan rutin “Kids Entrepreneurship Day” yang dilaksanakan 2 kali dalam satu semester. Para siswa dianjurkan membawa makanan atau barang yang akan dijual dari rumah untuk dibawa ke sekolah sesuai dengan jadwal hari penjualan yang sudah ditentukan.

“Kids Entrepreneurship Day” diselenggarakan bertujuan agar para siswa dapat belajar menghitung laba dari hasil penjualannya, serta sebagai sarana siswa untuk mengembangkan komunikasi dan kepercayaan diri siswa dalam mempromosikan barang dagangan dengan baik, sehingga para pembeli tertarik dengan makanan atau barang yang mereka jual. Dan dengan kegiatan ini pula dapat mendorong keberanian pembeli untuk menanyakan harga serta mengira-ngira jumlah uang yang ia miliki sesuai dengan harga makanan atau barang yang akan ia beli.

Sebelum transaksi jual beli dilaksanakan, para siswa diharuskan berbaris tertib untuk mendengarkan sambutan ustadzah Ummul Jazilah,S.ag selaku kepala sekolah SD Al Muslim, bahwa beliau berharap agar kegiatan ini dapat menjadi ladang pengalaman serta pembelajaran pengembangan keterampilan siswa sejak dini, sehingga suatu saat ketika mereka dewasa nanti bisa mengaplikasikan apa yang ia dapat di kegiatan ini dengan baik dan menjadi panduan untuk memulai karir dan kesuksesannya dewasa kelak.

Pemotongan pitapun dilakukan oleh Ustadzah Ima sebagai tanda bahwa kegiatan transaksi jual beli telah dibuka. Para siswa berbaris mengantri untuk masuk di area Kids Entrepreneurship Day dibantu oleh beberapa ustadz-ustadzah agar tidak saling mendorong dan tetap berjalan tertib. Gemuruh suara penjual dan pembeli yang bertabrakan mempromosikan serta menanyakan harga barang begitu riuh bak pasar, meski berdesak-desakan para siswa tidak mudah menyerah untuk mengantri dan membeli makanan atau barang yang ia inginkan. Tidak ada siswa yang memasang mimik wajah marah, sedih, ataupun hendak menangis. Mereka sangat menikmati kegiatan ini. Sehingga beberapa siswa sampai harus masuk berkali-kali untuk membeli makanan atau barang lagi.

Setelah beberapa jam gemuruh suara siswa yang sangat riuh perlahan hanya terdengar suara musik. Beberapa stand sudah mulai berkemas karena barang dagangannya telah habis terjual, namun juga ada beberapa stand yang masih menawarkan barang dagangannya pada siswa yang lalu lalang. Meski beberapa dagangannya masih belum terjual, ia tidak begitu mudah menyerah menutup standnya. Ia tak kehabisan akal untuk membawa dagangannya berkeliling menjual di sekitar sekolah pada kakak kelas, pegawai, maupun guru agar dagangannya habis terjual.

Dari kegiatan ini kita dapat menyimpulkan, bahwa mencari ilmu tidaklah harus duduk manis mendengarkan guru menjelaskan materi di kelas, tidak pula dengan membaca banyak buku diperpustakaan, namun mencari ilmu dapat dilakukan dimanapun, kapanpun dan dengan teori apapun. Tidak dapat dipungkiri bahwa ilmu yang paling berkesan dan merasuk pada diri manusia adalah ilmu yang dipraktikkan di lapangan. Sehingga harapan kami yang begitu besar pada kegiatan Kids Entrepreneurship Day yakni semoga siswa-siswa SD Al Muslim mendapatkan manfaat dari kegiatan ini, dan dapat membantunya menjadi orang yang sukses serta berguna bagi agama, nusa, dan bangsa.

Ustadzah Maslahatun Nisa,S.Pd / SD Al Muslim