Berita

PEDULI LANSIA BINAAN AL MUSLIM MENYAMBUT BULAN RAMADHAN 1440 H

10 Mei 2019

Islam mengajarkan kepada kita untuk senantiasa beramal shalih dan menghormati serta menjaga orang tua. Sebagaimana dalam Q.S. Al-Isra‟ Ayat 23 dijelaskan “hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”. Dalam hal ini kita diperintahkan untuk senantiasa berbakti kepada kedua orang tua dengan kebaktian yang sempurna, gunakan perkataan yang baik, lembut, yang penuh kebaikan dan penghormatan. Dan ketika berumur lanjut dalam keadaan lemah , harus dirawat atau dijaga. Selain bakti dan peduli kepada kedua orang tua kita, islam  juga mengajarkan untuk peduli terhadap sesama dan memuliakan orang yang sudah tua. Hal ini telah diterapkan  oleh sekolah Al Muslim, yakni dengan terselenggaranya program peduli lansia yang pelaksanaanya rutin setiap bulan. Dan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H, Al muslim menyelenggarakan kegiatan peduli lansia yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 April 2019 bertempat di Hall TK Al Muslim Bersama dr. H. Agus Ali Fauzi, PGD, Pall Med(ECU) dan siswa kelas 4 SD Al Muslim.

Apa sih lansia itu? Lansia (lanjut usia) adalah mereka yang telah menjalani siklus kehidupan di atas usia 65 tahun yang terjadi dalam dua golongan yaitu young old 65-74 tahun, dan old-old di atas 75 tahun (Hawari, 1999: 289). Sedangkan Hasan dalam bukunya “Psikologi Perkembangan Islam”, mendefinisikan usia lanjut merupakan usia yang mendekati akhir kehidupan. Usia lanjut ini dimulai 60-an sampai akhir kehidupan (Hasan, 2006: 117). Proses penuaan disebut pula dengan nama “senes cene” artinya tumbuh menjadi tua. Proses penuaan adalah siklus kehidupan yang ditandai dengan tahap-tahap menurunnya berbagai fungsi organ tubuh, misalnya pada sistem kardiovaskuler dan pembuluh darah, pernafasan, pencernaan, dan lain sebagainya (Hawari, 1999: 243).  Sehingga perlu adanya pemeriksaan rutin terkait kesehatan pada lansia dan motivasi untuk hidup sehat.

Oleh karena itu di Al Muslim telah menerapkan bentuk kepeduliannya dengan mengadakan kegiatan peduli lansia dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H yakni pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat gratis. Selain itu, dr. H. Agus Ali Fauzi juga memberi motivasi kerohanian dan kesehatan kepada lansia yang hadir yakni  senantiasa menjaga kesehatan dan membersihkan hati dengan memperbanyak ibadah, menjaga pola makan dan minum dan lain sebagainya. Dan dalam menyambut bulan Ramadhan diharapkan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk kesehatan tubuh dan perbanyak ibadah. Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat gratis, dilanjutkan dengan pemberian santunan berupa uang dan bingkisan sembako dengan harapan semoga bermanfaat dan berkah untuk para lansia yang menerima. Dan semoga civitas akademika Al Muslim senantiasa bersyukur, berbagi dengan sesama, dan beramal shalih dalam kehidupan sehari-hari.