Berita

PEMBEKALAN PERSIAPAN RAMADHAN

22 Mei 2019

Firman Allah Swt dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”

Bulan Ramadhan telah tiba, umat Islam menyambutnya dengan gembira. Sesuai dengan firman Allah Swt di atas, sebagai umat Islam kita diwajibkan untuk melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang ditunggu oleh setiap umat Islam di manapun mereka berada. Pada bulan Ramadhan ini umat Islam melaksanakan kewajiban puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Selain puasa, umat Islam juga bisa melaksanakan ibadah-ibadah lainnya yang ganjaran pahalanya dilipat gandakan oleh Allah Swt.

Dalam menyambut bulan Ramadhan, siswa-siswi SD Al Muslim mengikuti pembekalan tentang puasa Ramadhan. Pembekalan ini dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 3 Mei 2019. Diawali dengan membaca ikrar bersama di lapangan indoor SD dan dilanjutkan dengan sambutan oleh kepala sekolah. Para siswa mengikuti pembekalan dengan tertib dan antusias. Tujuan diadakannya pembekalan ini adalah supaya siswa me-recharge kembali semangat-semangat Ramadhan yang telah dilalui setahun yang lalu, dan juga agar mengingat kembali tentang apa saja ibadah dan kegiatan yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan.

Pembekalan Ramadhan ini diikuti oleh seluruh siswa mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Materi pembekalan ini antara lain adalah ketentuan-ketentuan pelaksanaan puasa, seperti rukun puasa yaitu, niat, menahan lapar, haus, dan nafsu serta segala sesuatu yang bisa membatalkan puasa; syarat wajib yaitu, Islam, berakal, mampu secara fisik, serta suci dari haid dan nifas; dan hal yang bisa membatalkan puasa yaitu, makan dan minum dengan sengaja, muntah dengan sengaja, memasukkan benda secara sengaja melalui lubang yang ada pada tubuh, keluar darah haid atau nifas bagi wanita, hilang akal, dan murtad. Juga tidak lupa diingatkan kembali kepada para siswa tentang ibadah sunah apa saja yang bisa dilakukan pada bulan Ramadhan ini seperti tadarus, shalat tarawih, shalat witir, memperbanyak sedekah, memperbanyak doa dan dzikir kepada Allah Swt.

Selain pembekalan tentang bagaimana pelaksanaan puasa, siswa juga diberi arahan atau nasihat agar tetap saling menghormati antar sesama dan menghormati orang yang sedang berpuasa. Karena ada dari beberapa siswa yang tidak melaksanakan puasa Ramadhan, seperti beberapa siswa kelas 1 dan 2 yang masih dalam tahap pembelajaran atau siswi kelas 5 dan 6 yang sedang dalam masa haid. Cara untuk menghormati orang yang berpuasa yang disampaikan dalam pembekalan antara lain adalah, tidak makan dan minum di hadapan orang yang sedang berpuasa, tidak membuat marah orang lain dengan mengolok-olok, dan lain sebagainya.

Dengan diadakannya pembekalan tentang bulan Ramadhan ini, diharapkan nantinya siswa mampu melaksanakan puasa dengan sebaik mungkin. Serta menjadikan pribadi yang bertaqwa dengan menjalankan ibadah-ibadah yang bisa dilakukan selama Ramadhan. Dan mampu meraih kemanangan juga kembali suci (fitrah) pada saat Idul Fitri yang akan datang. 

(Ustad Jayora Harianto, S.Pd.I)