Berita

OSIS SMP-SMA AL MUSLIM AJAK SHOLAT GHOIB DAN GALANG DANA UNTUK MENTAWAI DAN MERAPI

28 Oktober 2010

Sebagai negara kepulauan Indonesia memiliki potensi besar mengalami gempa bumi maupun bencana alam lainnya. Kejadian gempa dengan kekuatan 7,2 skala richter pada Senin (25/10) pukul 21.42 WIB terjadi di barat daya Pulau Pagai, Mentawai, Sumatera Barat. Sebuah tsunami pun lahir, menghantam kawasan pantai barat gugusan kepulauan di kabupaten terluas di Sumatera Barat itu. Kejadian tersebut telah menewaskan lebih dari 112 orang, dan lebih dari 502 orang masih belum ditemukan, belum lagi jumlah pengungsi yang berjumlah ratusan dan tentunya membutuhkan uluran tangan dari pihak lain.

Demikian pula Merapi yang merupakan gunung berapi termuda namun termasuk salah satu yang paling aktif di dunia, hari Selasa (26/10) kembali meletus, dengan mengeluarkan awan panas dan abu vulkaniknya menyebabkan sebagian wilayah di kaki Merapi tertutup debu tebal dan menelan korban jiwa sebanyak 28 orang, termasuk diantaranya wartawan dan anggota PMI. Status awas masih dilanjutkan hingga 5 hari pasca letusan Merapi. Dua kali gunung merapi meletus ini memuntahkan awan panas atau wedhus gembel. Debu akibat gempa vulkanik Merapi telah merambah hutan dan desa di sekitar lereng gunung tersebut. Akibatnya, kawasan hutan yang semula hijau kini tampak memutih.

Sebagai bentuk empati terhadap banyaknya bencana di tanah air yang menelan korban jiwa, OSIS SMP-SMA Al Muslim Sidoarjo mengajak adik-adik kelas dari SD untuk mendoakan orang-orang yang telah meninggal dengan sholat ghoib bersama di aula SD. Acara dimulai dengan sholat dhuhur berjamaah, berdzikir, dan berdoa untuk korban yang selamat serta para pengungsi. Dilanjutkan penjelasan tentang tujuan kegiatan dari siswa OSIS oleh Faiza Ulil Absor kelas IX A, kemudian sholat ghoib, dilanjutkan doa untuk mereka yang telah meninggal dunia dalam kejadian tersebut.

Acara spontanitas ini dilanjutkan aksi galang dana untuk para pengungsi dari gempa Mentawai maupun letusan Merapi, mulai dari siswa SD-SMP-SMA serta seluruh jajaran guru.