Berita

MENGENAL KEBUDAYAAN INDONESIA MELALUI PAMERAN NASIONAL ALAT MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA

23 Agustus 2019

Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satu keberagaman budaya Indonesia bisa dilihat dari beragamnya alat musik tradisional.

Untuk mengenal  alat musik tradisional secara langsung, pada hari Selasa, 20 Agustus 2019, seluruh kelas 4 melaksanakan studi lapangan ke Museum Mpu Tantular. Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan Pameran Nasional Alat Musik Tradisional Nusantara. Sebanyak 31 museum milik pemerintah dan swasta yang ada di Indonesia menampilkan berbagai koleksi alat musik tradisionalnya.

Sejak pagi, sebanyak 147 siswa sudah antusias untuk berangkat ke museum. Mereka berangkat secara berombongan menggunakan mobil antar jemput sekolah.

Di dalam Museum Mpu Tantular sendiri terdapat koleksi peninggalan Majapahit, peninggalan purba, jenis – jenis batik Jawa Timur, alat musik kuno, sepeda kuno dll. Sedangkan alat musik tradisional yang ada dalam pameran terdapat kurang lebih 400 alat musik tradisional.

Anak – anak sangat antusias dan menikmati pameran alat musik tradisioanl nusantara ini, karena selama ini mungkin yang dilihat hanya gambarnya saja. Dengan adanya pameran ini anak – anak mengetahui secara langsung alat musik tradisional dan mengetahui bagaimana cara memainkan alat musik tersebut. *Ustadzah Naimah / SD Al Muslim