Berita

LET'S GO TO THE GARDEN AND PLANT

27 Februari 2019

Ayoo, Mari Kita Pergi Ke Kebun Dan Menanam! Itu Lah Yang Akan Dilakukan Siswa Kelas 1 SD Al Muslim Ke Tempat Agrowisata Puspo Lebo, Bukan Hanya Bisa Bermain Namun Disana Bisa Belajar Banyak Tentang Tanaman. Mari Kita Lihat Profil Dari Tempat Puspo Lebo! Puspa Lebo (Pusat Studi Dan Pengembangan Hortikultura Dsingkat Puspa) Merupakan Milik Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur Yang Terletak Di Desa Lebo Kec. Sidoarjo Kab. Sidoarjo. Secara Teknis Dikelola Oleh Seksi Pengembangan Agribisnis Hortikultura Yang Merupakan Salah Satu Unit Kerja Pada Upt Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura. Di Sana Siswa Sd Kelas 1 Diajak Untuk Mengenal Banyak Tanaman Dan Buah Yang Di Kembangkan Di Tempat Tersebut. Hari Selasa, 12 Februari 2019 Seluruh Siswa-Siswi Kelas 1 Sd Al Muslim Melakukan Kegiatan Pengenalan Agrowisata Puspo Lebo, Tour Kebun, Menanam Tanaman Sayur, Mencicipi Buah, Dan Minum Teh Rosella. Jumlah Siswa Yang Hadir Pada Saat Itu 151 Siswa Dengan 12 Guru Pendamping Dan 1 Juru Kamera Untuk Mendokumentasikan Kegiatan Tersebut.

Pengenalan Agrowisata Puspo Lebo. Setelah Perjalanan Yang Cukup Jauh Dari Lokasi Sekolah Yaitu Wadung Asri Menuju Raya Lebo Daerah Ujung Sidoarjo Siswa Diajak Naik Ke Lantai Dua Kantor Upt. Mereka Diajak Masuk Ke Dalam Ruangan Yang Sudah Ada Tempat Duduk Dan Lcd. Disana Siswa-Siswi Dijelaskan Tentang Panjang Lebar Mengenai Agrowisata Puspo Lebo. Setelah Dijelaskan Kemudian Ada Sesi Tanya Jawab Mengenai Segala Sesuatu Tentang Tanaman Agrowisata Siswa Di Bagi Menjadi Tiga Kelompok Kecil Yakni Setiap Kelompok Dua Kelas. Team Leader Dari Pihak Upt Sudah Mempunyai Rencana Untuk Setiap Perjalanan Pada Kelompok Kelas Yang Sudah Di Dapat. Kegiatan Yang Dilakukan Yaitu Tour Kebun Lebo, Menanam Tanaman Sayur, Mencicipi Buah Dan Minum Teh Rosella.

Tour Kebun Lebo. Setelah Selesai Dijelaskan Apa Itu Agrowisata Puspo Lebo, Selanjutnya Diajaklah Jalan-Jalan Untuk Mengelilingi Kebun Lebo, Sebelum Bejalan-Jalan Siswa/I Diberi Kesempatan Membawa Botol Minum Yang Sudah Dibawa Dan Ke Kamar Mandi. Jika Ada Yang Merasa Sakit Maka Tidak Untuk Diperkenankan Ikut Karena So Far (Jauh) Perjalanannya. Mereka Di Ajak Mengelilingi Kebun Dengan Memperkenalkan Satu Persatu Tanaman Dan Nama Buah Kepada Siswa/I, Salah Satunya Ada Tanaman Buah Naga, Tanaman Pohon Jambu, Delima, Mangga, Jagung, Lombok, Melon, Dan Masih Banyak Lagi. Mereka Juga Di Ajak Masuk Ke Dalam Screen House Melon Dimana Di Dalamnya Terdapat Tali Yang Digunakan Sebagai Alat Bantu Perkembangan Buah Melon. Karena Di Dalamnya Terlalu Panas Dan Bikin Gerah,,, Cuzz Lanjutt....

Menanam Tanaman Sayur. Perjalanan Berikutnya Adalah Menanam Tanaman Sayur Yang Sudah Disiapkan Oleh Pihak Upt Yaitu Menanam Lombok. Sudah Disiapkan Polybag Yang Berisikan Tanah Dan Calon Tumbuhan Yang Masih Muda Dan Mungil Akan Dipindahkan Ke Tempat Yang Lebih Luas Yaitu Polybag. Pada Waktu Menanam Pengalaman Yang Luar Biasa... Ada Yang Tidak Mau Pegang Tanahnya, Karna Takut Kotor Dan Bau Kotoran Hewan. Dengan Penuh Keberanian Mereka Memindahkan Bibit Muda Ke Dalam Polybag Sesuai Dengan Cara Dan Langkah-Langkah Yang Sudah Diberitahukan Oleh Team Leader Upt.

Mencicipi Buah Dan Minum Teh Rosell. Alhamdulillah, Setelah Berpanas-Panasan Jalan Keliling, Bercapek- Capekan Menanam, Bermain Kotor-Kotoran Dengan Pupuk Kandang, Siswa Diajak Untuk Mencicipi Buah Dan Minum Teh Rosella. Karena Komoditas Yang Di Unggulkan Di Upt Puspo Lebo Adalah Melon Golden Langkawi, Maka Siswa/I Diberikan Kesempatan Buat Incip Buah Melonnya. Sebelum Makan Melon Sama-Sama, Siswa/I Cuci Tangan Terlebih Dahulu Ya.... Lalu Baris Dengan Tertib Dan Rapi Kemudian Diberilah Irisan Buah Melon Dan Segelas Teh Rosella. Ekspresi Mereka Ketika Makan Buah Melon Seneng Banget Segerrrrrr.... Berbeda Dengan Ketika Minum Teh Rosella Yang Meskipun Dalam Kondisi Dingin Dengan Lucunya Bilang... Tehnya Rasanya Masam... Aneh Rasanya... Akhirnya Ustadah Memberitahukan Khasiat Minum Teh Rosella Yang Baik Untuk Kesehatan.

Kegiatan Tidak Berakhir Sampai Disini, Siswa/I Diajak Untuk Berpamitan Dengan Team Leader Upt Yang Sudah Sabar Menemani Berkeliling Siswa/I Kelas 1 Sd Al Muslim Dengan Sesi Foto-Foto Untuk Kenang-Kenangan Serta Pengalaman Yang Menyenangkan Bagi Mereka. Setelah Semua Selesai, Persiapan Back To School Ya.... Pengalaman Akan Diceritakan Lewat Karya Tulis Siswa Dengan Gaya Bhasa Mereka Sendiri. Semoga Kegiatan Ini Membuat Kesan Yang Menyenangkan Bagi Mereka Dan Tidk Terlupakan. See You At The Next Field Study Visit ...Byee (Ustadzah Fauzia Isnani,S.Si./ SD)