Berita

KEGIATAN STUDI LAPANGAN SD AL MUSLIM

01 Januari 1970

Kegiatan studi lapangan untuk semester ini dimulai pada minggu ke-3 bulan Oktober 2010. Di mulai dengan kunjungan Kelas 3 SD Al Muslim yang berjumlah 85 orang ke Planetarium di kawasan Bumi Moro, Surabaya pada hari senin dan selasa. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan 98 siswa kelas 4 ke Instalasi PDAM Ngagel II Surabaya pada hari Rabu dan kunjungan kelas 5 yang berjumlah 89 orang ke BMG Juanda Surabaya di hari Kamis.

Sesuai dengan pembelajaran materi Sains, kunjungan ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan siswa mengenai alam semesta sehingga mereka bisa mengetahui mengapa terjadi siang dan malam, keberadaan planet, rasi bintang, dan benda langit lainnya sekaligus  juga mengenal berbagai jenis kapal perang di museum. Rombongan Al Muslim diterima dengan hangat oleh bapak Darsono, kemudian siswa-siswa di ajak berkeliling untuk melihat benda-benda perjuangan seperti kapal, senjata, bendera, baju perjuangan dan lain-lain. Selepas puas berkeliling, para siswa dibimbing masuk ke planetarium untuk diberi pengarahan dan ditunjukkan gambaran-gambaran rasi bintang, planet, dan benda angkasa lainnya.  

Kunjungan ke Instalasi PDAM Ngagel II memberikan pengetahuan tentang bagaimana proses pengolahan air bersih yang semula berbahan baku air sungai brantas. Pada kesempatan ini, Pimpinan PDAM meluangkan waktu untuk memberikan penjelasan kepada siswa proses pengambilan air baku hingga siap didistribusikan ke konsumen. Sesudah menyimak penjelasan, mereka diajak berkeliling melihat keseluruhan proses penjernihan air di instalasi.