Berita

KEGIATAN STUDI LAPANGAN DAN PERINGATAN HARI OZON KELAS 3 SD AL MUSLIM DI KEBUN PAK BUDI

12 September 2019

Selasa, 10 September 2019 segenap siswa kelas 3 SD Al Muslim Sidoarjo dengan didampingi ustadzah kelas dan ustadzah Zaim melaksanakan perjalanan studi lapangan ke Kebun Pak Budi, Purwosari. Tepatnya di Dusun Canggih, Desa Sekar Mojo, Kecamatan Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur. Dalam rangka melaksanakan kegiatan studi lapangan dan peringatan hari ozon sedunia. Tak kurang dari 138 siswa terlibat aktif dalam mengikuti kegiatan yang digelar oleh tim pemandu dari Kebun Pak Budi.

Jalanan menanjak dengan berhiaskan lahan persawahan dan pepohonan di samping kanan kiri jalan yang dilalui memberikan kesan tersendiri bagi segenap siswa yang mengikuti kegiatan ini. Jauhnya jarak tempuh tidak membuat mereka surut dan patah arang. Ada banyak hal yang bisa mereka pelajari dan temukan selama perjalanan menuju kebun pak budi. Bahkan dalam perjalanan dan melaksanakan kegiatan siswa-siswi SD Al Muslim sangat tertib dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Setelah menaiki anak tangga menuju pintu masuk Kebun Pak Budi, pendopo menjadi tujuan. Di sini siswa berkumpul dan mendapatkan arahan dari pemandu, dilanjutkan dengan pembelajaran tentang hidroponik dan menanam di sawah, belajar dan mengenal serta melihat langsung berbagai  tanaman sayur dan hewan.

Game yang dikemas apik membuat siswa tak merasa kalau waktu sudah mendekati jam makan siang. Game sebenarnya-sebaliknya dan game day and night menjadi pengantar dan pembuka dalam menanamkan konsep pentingnya lapisan ozon dalam kehidupan manusia. Dalam game day and night diharapkan siswa mampu menemukan sendiri serta menganalisa bagaimana rasanya jika lapisan ozon di bumi ini rusak, lubang, atau bahkan lambat laun menghilang, dampak apa yang bisa dirasakan secara langsung ketika tidak ada pelindung dari panas matahari langsung.

Menemukan, mengenal dan mengumpulkan data pepohonan yang terdapat di Kebun Pak Budi merupakan agenda berikutnya. Beberapa pohon yang harus ditemukan oleh siswa dalam kegiatan berburu pelindung ini terdiri dari pohon kelengkeng, pohon keres, pohon jati, pohon jambu air, puring, dan wali songo. Masing-masing pohon diberi satu ustadzah dan siswa diberi tugas untuk menemukan informasi pohon apakah gerangan?

Kegiatan pun berakhir pukul 12.00 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan ishoma, foto bersama dan tepat pukul 13.30 WIB rombongan kembali ke sekolah. Semoga melalui kegiatan studi lapangan dan peringatan hari ozon ini siswa mampu menerapkan pentingnya pohon bagi keberadaan ozon.  Setelah Semua Selesai, Persiapan kembali ke sekolah. Semoga kegiatan ini membuat kesan yang menyenangkan bagi Mereka dan tidak terlupakan. Sungguh sebuah pengalaman yang luar biasa. (Ustadzah Sri Juhariyah, S.Pd / SD Al Muslim)