Berita

FAREWELL PARTY MIKIKO SAN

15 April 2019

See you again Mikiko San, begitu tulisan berukuran besar terpampang di panggung yang menjadi latar dari farewell party yang dilaksanakan di aula SMP Al Muslim Jumat, 12 April 2019 selepas shalat Jumat. Farewell party tersebut digagas oleh pengurus OSIS SMP Al Muslim yang terdiri dari siswa dan siswa kelas VII dan VIII. Farewell party tersebut mengundang adik-adik dari SD Al Muslim dan kakak-kakak SMA Al Muslim serta tak lupa mereka menyiapkan tampilan budaya khas Indonesia.

Mikiko San merupakan salah satu mahasiswi universitas di Jepang. Mikiko San tergabung dalam organisasi AIESEC Association Internationale des étudiants en Sciences Economiques et Commerciales), yaitu organisasi internasional untuk para pemuda yang membantu mengembangkan potensi kepemimpinan mereka. AIESEC merupakan organisasi yang digerakkan mahasiswa terbesar di dunia. Organisasi yang berfokus pada kepemimpinan para pemuda dan menjadi duta di luar negeri untuk menjalankan proyek sosial.

Al Muslim menjalin kerjasama dengan AIESEC dengan tujuan untuk membiasakan siswa berkomunikasi dalam bahasa internasional dan membangun rasa percaya diri siswa saat berkomunikasi serta menumbuhkan habituasi toleransi antar sesama umat manusia. Farewell party berlangsung lancar, tampilan demi tampilan mengalir sesuai jadwal. Mulai dari tari Saman yang dibawakan oleh kakak-kakak SMA, angklung dan kulintang yang dimainkan oleh adik-adik SD, serta musik kentrung yang di tabuh secara harmonis oleh beberapa siswa SMP Al Muslim.

Selama hampir dua bulan Mikiko San mengajar di Al Muslim dan tinggal di rumah salah seorang siswi SMP Al Muslim, Mayuko San. Mayuko San merupakan siswi kelas VII yang beribu asli warga negara Jepang dan ayah asli warga negara Indonesia.

Never say goodbye menjadi lagu yang mengharu biru karena dinyanyikan bersama di penghujung acara oleh seluruh peserta. Mikiko San tak mampu menahan air mata yang terus deras mengalir hingga acara berakhir. Sayonara Mikiko!

Ustadzah Anna Sulisetiawati