Berita

CLASS MEETING SEBAGAI AJANG UNJUK KREATIFITAS DAN REFRESHING SISWA/SISWI

19 Juni 2019

Class Meeting semester genap 2019 SD Al Muslim Sidoarjo kali ini diadakan bertepatan dengan momen Syawal setelah libur lebaran usai. Tepatnya diadakan tanggal 14, 17-19 juni 2019. Class Meeting ini bertujuan untuk refreshing otak, fikiran, dan semangat belajar agar lebih segar serta terhindar dari stres dalam menyambut tahun ajaran baru. Menurut Siagiani, stress adalah suatu bentuk gangguan  mental yang berakibat pada penurunan produktivitas dan menimbulkan rasa sakit pada tubuh. Apabila ini dialami siswa/siswi di sekolah, maka akan terhambat prestasi belajarnya. Akan tetapi, stres juga berdampak baik, karena tubuh seseorang akan siap dan waspada menghadapi tantangan. Jadi, siswa siswi membutuhkan ajang classmeeting untuk menumbuhkan semangat berani  dan fairplay menghadapi tantangan dalam ajang kompetisi sesama teman-temannya.

Ajang classmeeting dibuka dengan kegiatan futsal kelas 6 dan ditutup dengan lomba kebersihan kelas. Siswa-siswi kelas 6 yang sudah  selesai mengahadapi ujian UNAS dan bersiap wisuda, akan diberikan suguhan pertandingan kenangan terindah yang terakhir. Saat momen-momen akhir menjelang wisuda/purnasiswa ini, classmeeting diperlukan agar hari-hari terakhir kelas 6 menjadi unforgettable moment. Saling sikut, jegal menjegal, tendangan keras tak terelakkan mewarnai pertandingan futsal kelas 6. Walaupun begitu, tak membuat pertandingan pertandingan ini berubah menjadi chaos ataupun anarki. Semuanya sadar fairplay dan sportifitas adalah nilai-nilai yang harus dijunjung tinggi. Ryno (kelas 6A) berucap,” Kemenangan bukan tujuan utama , cukup Kita bisa menendang bola bersama teman-teman dan tertawa bersama  sudah seperti mendapat emas sebukit”.  Sehingga, mereka rela berpanas-panasan berlari mengejar bola dibawah terik matahari siang yang menyengat demi arti sebuah persahabatan.

Selain lomba futsal, ada juga lomba merangkai puzzle untuk siswa kelas 1-2, literasi untuk kelas 1-6 dan catur untuk siswa kelas 1-5, serta basket untuk kelas 3-5. Kategori lomba di class meeting genap ini memadukan unsur kognitif yang diwakili lomba puzzle dan catur serta unsur motorik yang diwakili lomba basket , futsal serta melempar bola. Kedua unsur kognitif dan motorik penting dalam proses pendidikan seorang anak. Dalam salah satu riwayat suatu kali, Rasulullah SAW menantang istrinya, Aisyah RA, lomba lari. Karena Aisyah masih sangat muda, ia berhasil mengalahkan Rasulullah SAW. Nilai pendidikan yang bisa diambil, Rasulullah SAW  berusaha menciptakan permainan yang bisa memupuk rasa cinta dalam keluarganya dalam hal ini lomba lari. Sehingga lewat ajang perlombaan dalam class meeting, rasa cinta dan persaudaraan sesama siswa/siswi SD Al Muslim tetap terjaga.

Yang unik dari ajang class meeting kali ini adalah diadakannya bertepatan dengan agenda ENTREPRENEUR’s DAY  dalam rangka menyambut “hari Krida Pertanian”.  Saat anak-anak lelah fisik dan  mental mengikuti kegiatan class meeting, mereka bisa beralih ke ajang  ENTREPRENEUR’s DAY. Sehingga tujuan dari keduanya yaitu class meeting menyegarkan kembali semangat belajar dan budaya saling mencintai sesama serta menjunjung tinggi nilai-nilai fairplay dapat berpadu dengan tujuan ENTREPRENEUR’s DAY yaitu membentuk jiwa kemandirian dan kreatifitas siswa dalam keterampilan financial sejak dini. Jadi euphoria Syawal “Semangat Kesucian Lahir Batin” dan “Peningkatan Ketaqwaan” menjadikan anak-anak bersemangat berkompetisi dan mengasah keterampilan financial mereka sehingga bermanfaat bagi masa depannya. Diharapkan lewat kegiatan yang bersifat intrakurikuler di lembaga pendidikan SD Al Muslim ini mampu mengembangkan dan menghasilkan generasi muslim yang siap menjadi khalifatul fil ardh yang rahmatan lil alamin.