Berita

BERKUNJUNG KE PABRIK MIE BURUNG DARA

15 April 2019

Kegiatan studi lapangan di SD Al Muslim merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan dua kali dalam setahun, yaitu pada semester gasal dan semester genap. Kegiatan studi lapangan juga menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh para siswa, termasuk siswa kelas 4, karena mereka dapat belajar secara langsung di luar lingkungan sekolah.

Untuk kegiatan studi lapangan semester genap ini, siswa-siswi kelas 4 berkesempatan berkunjung ke pabrik pembuatan mie dengan merek Mie Burung Dara, yaitu PT. Surya Pratista Hutama (Suprama) yang berlokasi di Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 4 April 2019. Sebelum berangkat, sebanyak 120 siswa berkumpul di lapangan indoor untuk mendapatkan pengarahan dari Ustadz Agus, selaku Waka Kesiswaan SD Al Muslim. Selanjutnya dengan didampingi ustad/ustadzah wali kelas dan pendamping siswa bersiap menuju mobil yang sudah ditentukan. Siswa berangkat sekitar pukul 08.00 WIB.

Setibanya di lokasi pada pukul 08.30 WIB, seluruh siswa diarahkan menuju aula PT. Suprama. Disana siswa-siswi sudah ditunggu oleh Bapak Wahyu, selaku perwakilan dari PT. Suprama. Di dalam aula anak-anak mendengarkan penjelasan dari Pak Wahyu dengan tertib. Pak Wahyu juga memperlihatkan tayangan proses pembuatan Mie Burung Dara. Anak-anak juga diberikan sesi tanya jawab oleh Pak Wahyu. Anak-anak sangat antusias sekali, mereka bergantian mengajukan pertanyaan yang ingin ditanyakan. Tak lupa Pak Wahyu memberikan bingkisan kepada anak yang berani bertanya, anak-anak semakin antusias bertanya.

Tiba saatnya, anak-anak diberi waktu untuk berkeliling melihat proses pembuatan Mie Burung Dara. Tentunya anak-anak melihat dari kejauhan, karena anak-anak dilarang untuk memasuki area pabrik yang berbahaya yang banyak terdapat mesin dan alat-alat yang besar. Setelah berkeliling melihat proses pembuatan Mie Burung Dara dari dalam pabrik, anak-anak diarahkan untuk kembali ke aula. Disana anak-anak sudah ditunggu untuk menikmati hasil olahan Mie Burung Dara, yaitu mie goreng. Anak-anak sangat senang sekali, karena mie goreng merupakan salah satu makanan kesukaan anak-anak. Anak-anak makan dengan lahap dan habis semua tentunya. Bahkan ada yang menambah.

Setelah selesai menyantap mie goreng, kegiatan pun selesai. Sebelum pulang anak-anak mendapatkan oleh-oleh dari PT. Suprama berupa dua bungkus Mie Burung Dara. Sebelum kembali ke mobil masing-masing ada sesi foto bersama dengan ustadz/ustadzah wali kelas dan pendamping. Dan pada pukul 12.00 WIB anak-anak pun kembali ke sekolah. Pukul 12.30 WIB anak-anak sudah tiba kembali di sekolah. Semoga kegiatan kali ini bermanfaat dan menambah pengetahuan siswa. *Ustadzah Weny Pramula,S.Pd./SD