Berita

BELANJA BUKU CARA MENGAJAK SISWA TK AL MUSLIM GEMAR MEMBACA

20 Januari 2011

Pintu utama Royal Plaza Surabaya masih tertutup, namun  para  siswa TK Al Muslim sudah tidak sabar untuk turun dari Bus Sekolah dan masuk ke dalam Royal Plaza. Kehadiran para siswa yang terlalu pagi sempat mengundang perhatian pemilik toko di Royal Plaza yang mau buka. Tepat pukul 09.00 rombongan  siswa TK B  beserta ustadzah sampai di depan pintu toko  buku Gramedia ( Selasa,20/1 )

Para siswa sengaja di ajak  untuk melakukan  kunjungan ke toko buku sekaligus membeli buku cerita ataupun alat tulis. Kegiatan ini merupakan salah satu realisasi program Leadership: mengenal lingkungan sekitar, mengatur uang dan proses belajar secara langsung “membeli buku dan membayar  sendiri di kasir”. Kegiatan belanja buku ini cara  mengajak anak suka buku dan gemar membaca buku.

Di depan pintu Gramedia sudah menunggu beberapa karyawan untuk menyambut kedatangan para siswa  TK Al  Muslim. Sambutan hangat dan ramah karyawan Gramedia membuat para siswa senang dan antusias mendengarkan penjelasan dari pimpinan Gramedia. Suasana bertambah meriah ketika Badut Barney menyapa  dan mengajak para  untuk berkeliling melihat tiap sudut toko buku. Setelah berkeliling para siswa di ajak untuk mendengarkan cerita  Barney dan bisa mendapatkan door prize apabila para siswa bisa menjawab pertanyaan.  

Tiba saatnya para siswa di beri kesempatan untuk memilih buku cerita atau alat tulis yang di inginkan. Tampak beberapa siswa  yang asyik memilih buku cerita  nabi, buku  seri  pengetahuan, ada juga yang asyik memilih buku  mewarna dan alat tulis. Selesai memilih buku, para siswa di ajarkan untuk antri membayar barang belanjaannya di kasir. Bahkan beberapa siswa juga di beri kesempatan untuk menjadi petugas kasir dan melayani temannya untuk membayar.  Kegiatan membayar sendiri ini memang sengaja di ajarkan guna mengenalkan budaya antri, sabar menunggu giliran, berani berinteraksi dengan orang lain dan mengenalkan tanggung jawab memegang uangnya sendiri dan membayar sendiri.

Tampak wajah puas dan bangga bisa membeli buku cerita dan membayar sendiri di kasir. Kegembiraan itu semakin terlihat ketika para siswa mendapat hadiah majalah dan stiker dari Gramedia. Wah senangnya bisa belanja buku dengan ustadzah dan teman – teman.  kegiatan yang menyenangkan dan penuh kesan indah bagi anak didik…..


(Ustadzah Nur Fadhilah / Pengajar TK)