Berita

PEDULI LANSIA BINAAN AL MUSLIM MEMPERINGATI TAHUN BARU ISLAM 1441 H

09 September 2019

Minggu, 08 September 2019 SMA Al Muslim berpartisipasi pada kegiatan “Peduli Lansia” dalam memperingati Hari Besar Islam yaitu Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah. Kegiatan “Peduli Lansia” merupakan suatu bentuk implementasi Q.S. Al-Isra Ayat 23 “Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” Berdasarkan terjemahan dari ayat tersebut, kita diperintahkan untuk senantiasa berbakti dan menghormati orangtua selama hidupnya. Terlebih dengan orangtua yang sudah berumur lanjut, kita tidak hanya sekedar menghormati saja tetapi kita juga wajib merawatnya. Selain berbakti dan menghormati kepada kedua orang tua kita, Agama Islam juga mengajarkan untuk peduli dan memuliakan orang yang sudah tua di sekitar kita. Hal tersebut telah diterapkan oleh Yayasan Al Muslim, yakni dengan terselenggaranya kegiatan peduli lansia yang dilaksanakan secara rutin setiap bulan.

Pada bulan ini, siswa-siswi kelas X SMA Al Muslim ikut berpartisipasi pada kegiatan “Peduli Lansia” yang bertemakan “Lansia Millenial”. Kegiatan ini dimulai pukul 06.00. Siswa-siswi kelas X SMA Al Muslim sangat antusias dalam acara ini dari awal acara hingga akhir acara. Hal tersebut terlihat pada saat mereka semangat membuat bingkisan yang akan dibagikan untuk para lansia. Siswa-siswi juga terlihat sangat komunikatif dengan para lansia, mereka menyambut dan memberi salam kepada para lansia yang datang.

Kegiatan ini dimulai dengan sarapan kacang hijau bersama, dzikir bersama, senam lansia, pemeriksaan kesehatan, dan pemberian obat gratis. Pemeriksaan kesehatan dilakukan bersama dr. H. Agus Ali Fauzi. Sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan, dr. Agus memberi motivasi terlebih dahulu. Motivasi tersebut berisikan tentang menjaga kesehatan dan membersihkan hati dengan cara memaafkan semua kesalahan orang lain dan meningkatkan ibadah. Setelah memberi motivasi, dr. Agus memeriksa kesehatan para lansia. Di tengah-tengah menunggu giliran untuk diperiksa dr. Agus, siswa-siswi mengajak para lansia berkomunikasi. Ada juga yg mengajari para lansia untuk selfie dan mengajak foto bersama. Kegiatan ini berakhir dengan pemberian santunan berupa uang dan bingkisan sembako dengan harapan semoga bermanfaat dan berkah untuk para lansia yang menerima. Dan semoga civitas akademika Al Muslim senantiasa bersyukur, berbagi dengan sesama, dan beramal shalih dalam kehidupan sehari-hari. (Ustadzah Amalia Sholikha, S. Pd/SMA Al Muslim)