Berita

LDKS SMP AL MUSLIM "CALON PEMIMPIN"

23 Agustus 2019

Senyum semangat nan ceria menghiasi wajah siswa-siswi kelas VII SMP Al Muslim menjelang pemberangkatan kegiatan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa). Sebanyak 97 siswa ini tiba di lokasi LDKS "Villa Rumah Emak", Trawas tepat pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan LDKS diawali dengan upacara pembukaan sekaligus penyematan ID peserta LDKS oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan. Selanjutnya, peserta LDKS diarahkan menuju tempat istirahat sementara untuk merapikan barang dan beristirahat sejenak.

Selepas beristirahat sejenak, peserta LDKS kembali melanjutkan kegiatannya, yaitu menyimak materi "Motivasi Berprestasi" yang dipaparkan oleh Ustadzah Maslahah, S.Pd. Dengan tertib, siswa bersama-sama menuju ke aula untuk mengikuti pemaparan materi "Motivasi Berprestasi" ini. Pada sesi ini, selain menerima pemaparan materi, siswa yang telah terbagi dalam 9 kelompok (4 kelompok siswa putri dan 5 kelompok siswa putra) berkesempatan memvisualisasikan arti prestasi menurut mereka, prestasi yang ingin diraih, prestasi yang diharapakan, dan upaya yang dilakukan untuk mencapai prestasi tersebut dalam bentuk tulisan. Siswa terlihat antusias mengekspresikan pengetahuan dan pemikirannya melalui tulisan.

Selesai pemaparan materi "Motivasi Berprestasi", tepat pada pukul 11.30 WIB, seluruh siswa mengakhiri kegiatan dan bergegas melaksanakan ibadah sholat Jumat bagi siswa putra dan kegiatan keputrian untuk siswa putri. Kegiatan keputrian dipandu oleh Ustadzah Jiwa dengan menyampaikan tausiyah tentang tata cara dan aturan berhijab yang benar. Kegiatan keputrian dilanjutkan dengan sholat dhuhur berjamaah. Setelah melaksanakan ibadah sholat Jumat dan keputrian, seluruh peserta makan siang bersama.

Kegiatan LDKS dilanjutkan dengan materi kedua, yaitu "Kepemimpinan Dasar" yang dipandu oleh Ustad Yogi. Pada sesi ini, materi kepemimpinan dasar diawali dengan game kelompok yang bertujuan menumbuhkan jiwa kepemimpinan siswa dalam memandu anggota kelompoknya menyelesaikan misi pada game tersebut. Adapun game yang diberikan antara lain: tiup bola, dengarkan suaranya, dan pindah bola. Kegiatan game ini diakhiri dengan pemaparan materi yang menjelaskan filosofi game yang telah diberikan sebagai penguatan poin-poin kepemimpinan dasar.

Rangkaian kegiatan akan terus berlanjut hingga Sabtu, 24 Agustus 2019. Kegiatan ini tampak diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta sesuai amanat yang disampaikan Kepala Sekolah sebelum mereka berangkat. Seluruh peserta diharapkan menjadi pemimpin-pemimpin tangguh yang rahmatan lil alamin sehingga bermanfaat untuk lingkungan di sekitarnya. (Ustadzah Ekky Dea Henwy Cahyan, S. Pd./SMP Al Muslim)