Berita

SOSIALISASI PROGRAM KELAS XII

30 Juli 2019

Sabtu, 27 Juli 2019 SMA Al Muslim melaksanakan sosialisai program kelas XII. Acara ini dimulai pukul 08.00 WIB di aula SMA Al Muslim. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan program-program yang telah disusun sekolah untuk siswa kelas XII kepada para wali murid. Kelas XII merupakan jenjang akhir di bangku SMA, maka program yang disusun berkaitan dengan persiapan untuk lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Acara di buka dengan sambutan dari kepala sekolah SMA Al Muslim yaitu ustaza Mahmudah, S. Ag., M. Pd. diawali dengan menyampaikan visi misi sekolah. Visi misi tersebut kemudian di break down menjadi tujuan dan program sekolah. Pada kesempatan tersebut, ustaza Mahmudah juga menyampaikan program pendukung akademik kelas XII, diantaranya peningkatan aktivitas beribadah (qiyamul lail, puasa, shodaqoh, dzikir, dan doa), mabit, spiritual motivation, bimbingan dan konseling, dan achievment motivation.

Ustaza Mahmudah juga menyampaikan beberapa program penguatan akademik persiapan UNBK, diantaranya penambahan jam untuk mata pelajaran UN, pemampatan materi (materi semester I dan II dihabiskan di semester I), soal-soal ulangan HOTS mengacu ke model soal UN, bimbel, try out sekolah, dan try out dinas. Beliau juga menyampaikan mengenai kriteria kelulusan, program persiapan masuk PTN, dan program masuk PTN yang dapat ditempuh oleh siswa.

Pada kesempatan tersebut, dibuka sesi tanya jawab oleh pembawa acara. Salah satu wali murid menanyakan tentang kesempatan kelas XII apakah masih mempunyai kesempatan untuk memperbaiki nilai yang digunakan untuk masuk ke PTN lewat jalur SNMPTN. Kemudian di jawab oleh Ustaza Nunuk Winarsih, S. Pd. selaku waka kurikulum SMA Al muslim. Beliau menyampaikan bahwa masih ada kesempatan bagi para siswa untuk memperbaiki nilai di kelas XII. Karena nilai yang dipergunakan untuk seleksi SNMPTN adalah nilai dari semester 1-5. Jadi, masih ada kesempatan 1 semester lagi untuk memperbaiki nilai.

Setelah sesi tanya jawab selesai, acara selanjutnya adalah penyampaian materi oleh pak Ahmad Fahrizal Rahman, M.Pd. mengenai pentingnya wawasan kita sebagai orang tua untuk mengetahui kemajuan sains dan teknologi dalam perspektif Islam. Beliau menyampaikan bahwa semua ilmu bersumber dari Allah. Saat ini bidang teknologi semakin canggih, salah satunya adalah 3D printing untuk mencetak bahan logam, plastik, bahkan bahan organik seperti organ-organ yang digunakan untuk percobaan di dunia medis, dan juga untuk mencetak rumah dan makanan. Kemajuan teknologi tersebut, haruslah dibarengi dengan prinsip-prinsip Islam. Jika tidak, maka akan disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu.

Setelah penyampaian materi, acara di tutup dengan doa yang dipimpin oleh ustaz Agus Salim, S.Pd. selaku waka kesiswaan SMA Al Muslim. Acara berakhir pukul 10.15 WIB.

 

Ustadzah Putri Nini Yuliana, S.Pd. (Guru SMA Al Muslim)