Berita

MENGHAYATI AJARAN KI HAJAR DEWANTORO

15 Mei 2019

Peringatan hari Pendidikan Nasional tahun ini, 2 Mei 2019 di SD Al Muslim dilaksanakan secara sederhana, yaitu dengan mengadakan upacara bendera. Ustadzah Siti Asjijah, sebagai pembina upacara menyampaikan beberapa pesan/amanat.

Pendidikan adalah modal awal perkembangan bangsa. Berbicara tentang pendidikan tentu kita mengenal tokoh pendidik nasional yaitu Ki Hajar Dewantara yang mendapat sebutan Bapak Pendidikan Nasional.

Ajaran Ki Hajar Dewantara mempunyai makna yang dapat kita jadi tauladan dalam kehidupan, baik sebagai manusia secara pribadi dan terlebih lagi sebagai insan  pendidikan.

Ing Ngarso Sun Tuladha di depan kita harus dapat memberikan contoh-contoh kebaikan.Ing Madya Mangun Karsa di tengah kita dapat membangun kemauan, bimbingan,dan motivasi. Tut Wuri Handayani di belakang kita memberikan dorongan ke arah yang lebih baik.

Pendidikan adalah proses perubahan kearah yang lebih baik dan menjadikan kita lebih bermartabat. Pendidikan yang telah diperjuangankan oleh Ki Hajar Dewantara mempunyai sebuah harapan agar anak bangsa dapat mencapai ilmu yang setinggi-tingginya, seperti pepatah tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina.

Dengan belajar yang rajin kita akan mendapatkan ilmu. Ilmu adalah jendela dunia yang mengantar kita untuk dapat menguasai dunia. Pendidikan adalah tanggung jawab kita semua. Disamping guru, peran orang tua juga diharapkan dapat memberikan suri tauladan yang baik tentang prilaku dengan menerapkan norma-norma pendidikan .

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Marilah kita menghayati hari pendidikan nasional sebagai peristiwa sejarah bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Semangat dan sukses selalu untuk para pendidik bangsa, jasamu akan terkenang selalu.

 

                                                                                               *)Ustadzah Siti Asjijah S.Pd/SD