Berita

SAFARI SOSIAL YAYASAN REHABILITASI MENTAL AL HAFIZH

09 Mei 2019

30 April 2019, SD Al Muslim menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1440 H dengan mengadakan kunjungan safari sosial di Yayasan Rehabilitasi Mental Al Hafizh Sidoarjo dengan dibawah naungan Bapak Sodikhin yang bekerja sebagai tim kesehatan RSJ Menur Surabaya. SD Al Muslim bersemangat terutama kelas 4 Al kindi sampai Al Khawarishmi saat melakukan perjalanan menuju lokasi.

Kegiatan safari sosial ini sudah dilakukan yang kesekian kalinya dan dana terkumpul dari uang infaq yang diadakan sekolah setiap hari jum’at. Harapan kami dengan mengadakan acara seperti ini para siswa dapat belajar untuk bersyukur, peduli dan terutama bisa menambah pengalaman dalam mendapatkan ilmu dan teman baru.

Setiba dilokasi siswa-siswi SD Al Muslim disambut dengan sangat hangat dan ramah oleh Ustad dan pengurus Yayasan Rehabilitasi Mental Al Hafizh, setelah itu kami melakukan rangkaian acara dari pihak Yayasan Rehabilitasi Mental Al Hafizh dengan baik dengan sambutan dari pengurus Yayasan setelah itu dilanjut sambutan dari pihak SD Al Muslim dan sedikit sharing pengetahuan yang disampaikan oleh Bapak Sodikhin terkait pengaruh Gadget dan dampaknya bagi generasi muda sangatlah bahaya bagi psikis jika tidak segera tertangani dengan baik, kemudian dari kegiatan sharing tersebut Bapak Sodikhin membagikan angket kepada seluruh siswa untuk mengetahui seberapa tinggi anak itu terpengaruh oleh Gadget dan sekaligus memberikan solusinya pencegahan dan penanganan yang benar untuk anak yang terpengaruh Gadget.

Setelah itu selesai mengisi angket para siswa dihibur dengan tampilan beberapa pasien Yayasan Rehabilitasi Mental Al Hafizh berjudul “Jiwa Sehat” dan selanjutnya para siswa SD Al Muslim mendengarkan pengalaman bapak Budiman yang menjadi pasien Yayasan Rehabilitasi Mental Al Hafizh sejak 2009 hingga sekarang, beliau bercerita menjadi gila karena ayah meninggal dunia dan kesedihan berlarut serta minum- minuman keras dan minum pil koplo. Dari kisah itu dapat membuat pelajaran para siswa jangan mudah terpengaruh dan jika ada masalah bicarakan hal itu baik- baik dan penyelesaian secara bijaksana.

Akhir dari rangkaian acara kami tutup dengan berdoa bersama dan melakukan serah terima bingkisan snack sehat (biskuit dan jus), peralatan mandi, perlatan cuci, beserta sembako berupa beras, telur, minyak goreng, sayur dan bumbu dapur. Alhamdulillah rangkaian acara berjalan dengan lancar sesuai harapan kita semua dan kembali ke sekolah dengan membawa ilmu yang bermanfaat buat para siswa khususnya siswa kelas 4 Al kindi sampai Al Khawarishmi.

 

(Ustadzah Esti/SD Al Muslim)