Berita

WISUDA TILAWATI LEMBAGA PENDIDIKAN AL MUSLIM

23 November 2019

Pendidikan Al Quran di Indonesia telah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Hal ini ditunjang dengan semakin banyaknya lembaga pendidikan Al Quran, yang sudah menyebar ke seluruh penjuru baik di perkotaan maupun di pedesaan. Di samping itu, banyaknya inovasi metode pembelajaran Al Quran semakin menunjang kemudahan belajar Al Quran bagi anak-anak,remaja maupun orang dewasa.

Lembaga Pendidikan Al Muslim sebagai salah satu lembaga pendidikan formal memberikan porsi yang cukup untuk terselenggaranya pendidikan Al Quran bagi peserta didiknya. Melalui metode Tilawati, Al Muslim turut berperan dalam pemberantasan buta huruf Al Quran. Berbagai pengembangan juga telah diupayakan, antara lain adanya program pembelajaran Tarjamah Lafdziyah (terjemah per kata) dan di lanjutkan ke jenjang Tahfidzul Qur’an yang di mulai dari juz 30.1,2 dst

Sebagai alat ukur keberhasilan pembelajaran Al Quran, Lembaga Pendidikan Al Muslim mengikut sertakan para siswa pada munaqosyah (tes akhir) di pengurus Tilawati cabang Sidoarjo. Setelah dinyatakan lulus, para siswa dipersiapkan untuk mengikuti wisuda Al Quran. Wisuda Al Quran menjadi ajang syiar bagi keberhasilan pembelajaran Al Quran, Tarjamah lafdziyah dan Tahfidzul Qur’an. Kegiatan tersebut disaksikan oleh wali murid, tamu undangan dan seluruh keluarga besar Al Muslim.

Dari kegiatan tersebut diharapkan tumbuh semangat baru bagi siswa, wali murid, guru dan seluruh civitas akademika untuk selalu mengkaji Al Quran dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan Al Quran di lingkungan Lembaga Pendidikan Al Muslim khususnya dan di kalangan masyarakat luas pada umumnya.

Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati di Lembaga Pendidikan Al Muslim telah berjalan kurang lebih 12 tahun, dimulai dari tahun pelajaran 2007/2008, dan saat ini telah mengadakan wisuda 23 kali. Acara Wisuda ke XXIII SD-SMP–SMA Al Muslim dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 16 November 2019 tepatnya di gedung YKP surabaya yang di mulai dari pukul 07.00-11.30.

Wisuda kali ini sangat luar biasa karena di ikuti oleh 216 wisudawan-wisudawati yang terdiri dari wisuda Alqur’an 80 siswa, 76 Wisuda Tarjamah Lafdziyah dan 60 siswa Wisuda Tahfidzul Qur’an bukan hanya mewisuda anak-anak yang khatam Al-Qur’an saja, tetapi juga mewisuda anak-anak yang telah menyelesaikan program lanjutan, Program pengembangan spesial di Al Muslim, yakni program tarjamah Lafdziyah dan Tahfidzul Qur’an yang terdiri dari Juz 30, Juz 2, Juz 4 dan juz 6 Acara Wisuda ke XXIII ini berlangsung dengan sukses, Alhamdulillah Ini semua berkat rahmat dan pertolongan Allah, kerja sama panitia yang diketuai oleh Ustad Akbar Chisnu Azizi dengan penanggung jawab Ustadzah Siti Aslachah dan juga tentu saja dengan kekompakan seluruh Tim Panitia. Diucapkan pula selamat kepada para wisudawan-wisudawati yang berhasil meraih prestasi yang membanggakan. Selamat dan Sukses untuk Al muslim !!! Ustadzah Siti Aslachah