Berita

Untitled Document

SISWA SMP AL MUSLIM BERKARYA DAN BERBAGI DI HARI KELULUSAN

28 Mei 2018

Beragam cara dalam mensyukuri kelulusan salah satunya yang patut ditiru, seperti yang dilakukan siswa SMP Al Muslim Sidoarjo, merayakan kelulusan dengan berkarya dan berbagi ta’jil, sudah tidak jamannya lagi merayakannya dengan foya-foya, keliling jalanan merusak atribut sekolah atau segala bentuk aktivitas yang sebenarnya tidak bermanfaat.

Senin sore (28/5) seluruh siswa kelas IX SMP Al Muslim di daerah Wadungasri Waru berkumpul di aula menunggu pengumuman kelulusan, berbeda dengan tahun sebelumnya aksi para siswa-siswi SMP Al Muslim saat menerima surat kelulusan. Acara ini diawali dengan sholat ashar berjamaah dan sambutan oleh ustadzah Fatimatuz Zahroh, M.Pd., selaku Kepala Sekolah dilanjutkan penyerahan surat kelulusan.

Setelah dinyatakan lulus 100%, para siswa diajak untuk melakukan sujud syukur di dalam aula. Sebagai rasa terima kasih kepada para ustad-ustadzah, seluruh siswa menyanyikan lagu “Perpisahan” lagu ini hasil gubahan siswa kelas IX sendiri. Lagu ini berkisah tentang perjuangan dan perpisahan antara siswa dan ustad-ustadzah. Meski demikian segala kenangan akan terukir indah.

Aksi ini diakhiri dengan berbagi 150 paket takjil kepada pengguna jalan raya Wadungasri (depan sekolah Al Muslim), dana mereka peroleh dari menyisihkan setiap hari hasil keuntungan kegiatan entrepreunernya. Ditambah donasi dari wali murid kelas IX 50 paket ta’jil, jadi total 200 paket ta’jil.

Melalui aksi bagi-bagi ta’jil ini setidaknya menjadi salah satu pendidikan aplikatif leadership bagi generasi Al Muslim agar gemar bersedekah hasil upaya sendiri, berempati, dan peduli terhadap sesama.  Dipilihnya aksi bagi-bagi ta’jil tidak lain bagian dari wujud partisipasi aktif siswa Al Muslim dalam mengisi kegiatan bulan suci Ramadhan 1439 H. Semoga masa depan gemilang akan menyertai mereka. Aamiiin dan Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Ustadzah Siti Aminah, M.Pd. (Humas Al Muslim)