Berita

SEMPURNAKAN EVENT DENGAN CARA YANG TERORGANISIR

07 Mei 2018

Al Muslim yang dikenal sebagai sekolah Sang Pemimpin tentunya mempunyai cara tersendiri dalam mendidik murid-muridnya menjadi generasi yang memiliki semangat kepemimpinan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Pemimpin bukanlah seseorang yang selalu berpangku tangan ketika mengerjakan suatu hal sambil menyuruh rekan-rekannya bekerja. Ia mampu memimpin dirinya sendiri maupun orang lain dengan cara yang bijak. Seorang pemimpin juga harus memiliki strategi khusus dengan langkah yang terorganisir guna menciptakan suatu program kerja yang efisien, efektif dan dinamis.

Untuk mewujudkan misi tersebut, OSIS SMP dan SMA Al Muslim yang didukung oleh BPKS Al Muslim menyelenggarakan sebuah kegiatan Mini Workshop yang diikuti siswa-siswi SMP dan SMA Al Muslim dengan mengambil tema “How To Be A Good EO”(Sabtu 28/04/2018). Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang bagaimana menyelenggarakan sebuah acara agar terorganisir dengan baik kepada siswa-siswi SMP dan SMA Al Muslim serta terlatih dalam menyelenggarakan sebuah event. Kegiatan ini juga dapat menjadi sarana dalam mempelajari dan menuangkan ide kreatif yang dimiliki oleh siswa diikuti dengan praktek atau yang biasa disebut learning by doing.

Kegiatan yang diselenggarakan di aula SMA Al Muslim ini diawali dengan registrasi peserta dan diikuti oleh sambutan ketua panitia. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari perwakilan Humas BPKS Al Muslim, Ibu Nunik Wahjuni. Menurut beliau, sebuah event akan terorganisir dengan baik apabila memiliki dua unsur penting yaitu planning atau perencanaan tim dalam suatu program kerja dan coordination atau yang dikenal sebagai koordinasi tim dalam menyusun tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan.

Penyampaian materi juga disampaikan oleh Bapak Sulaiman Effendi sebagai Creative Agency dan Manager dalam suatu event organizer. Beliau menyampaikan bahwa dalam menyelenggarakan suatu event, kita harus mengetahui apa dan bagaimana suatu event akan dilaksanakan. Untuk mempermudah perencanaan penyelenggaraan, kita dapat melakukan analisis 5W-1H. Apa tujuan dari event tersebut, kapan dan dimana kegiatan tersebut akan diselenggarakan serta bagaimana proses dari rangkaian kegiatan event tersebut berjalan.

Setelah sesi coffee break dan tampilan band, kegiatan kembali dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Present Marketing Indosat Ooredoo, Ibu Pipit Haryanti. Berdasarkan pengalamannya di lapangan kerja, beliau menyampaikan bahwa segala macam bentuk perencanaan dan koordinasi tim kini dapat dilakukan dengan cara digital yang kemampuannya lebih efisien dan efektif. Beliau juga menyampaikan sejarah telekomunikasi berkembang hingga mampu menguasai alur kegiatan dunia.

Memasuki waktu dzuhur, peserta melaksanakan rangkaian kegiatan ishoma yang dilanjutkan dengan pembagian tim dalam praktek menyelenggarakan sebuah event. Setelah pembagian tim, siswa-siswi mulai berdiskusi mengenai penyelenggaraan event Milad Al Muslim yang kemudian satu-persatu mengirim perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi tersebut. Acara ini kemudian ditutup pukul 14.30 WIB setelah dilakukan sambutan penutup dari panitia. Peserta Mini Workshop juga diberikan keuntungan berupa sertifikat sebagai tiket penambahan poin sekolah.

Diadakannya kegiatan ini diharapkan mampu mengasah siswa dalam melakukan perencanaan dan koordinasi dengan cara yang terorganisir untuk mewujudkan sikap kepempinan yang baik. (Fairuz Amalia/ 10 IPA 1)