Berita

Untitled Document

SELIMUTI KEGIATAN MPLS DENGAN WAWASAN KEBANGSAAN

21 Juli 2018

Senin-selasa, 16-17 Juli 2018. Seribu siswa SMA kelas X terpilih se Jawa Timur berkumpul di KOARMADA II Perak Surabaya selama dua hari. Berkumpulnya siswa di koarmada II ini dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dibimbing langsung oleh TNI angkatan laut untuk menerima wawasan kebangsaan. Seluruh siswa kelas X dan dua perwakilan pengurus OSIS SMA Al Muslim turut melaksanakan MPLS di KOARMADA II Perak Surabaya. Wawasan kebangsaan dalam kegiatan MPLS merupakan materi wajib yang harus diberikan kepada siswa agar muncul rasa cinta tanah air sejak dini.

Selain siswa mendapatkan materi tentang wawasan kebangsaan, siswa juga dididik tentang kedisiplinan, toleransi atas perbedaan, dan cinta tanah air. Ketepatan waktu pada saat makan dan berkegiatan benar-benar diterapkan oleh TNI AL agar dapat membentuk karakter disiplin pada siswa. “dalam segi makan pun kita tanamkan disiplin mulai dari upacara sebelum dan sesudah makan, juga kebersihan dan ketepatan waktu kita ajarkan kepada anak-anak, jadi setelah makan tidak ada sampah sekecil apapun disekelilingnya” Ujar Lekol Ketut selaku kepala KOARMADA II Perak Surabaya.

Pelaksanaan MPLS 2018 yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya membuat kesan tersendiri bagi siswa yang mengiuti di KOARMADA II pasalnya baru pertama kali kegiatan MPLS dilaksanakan di komplek TNI AL dan dibimbing langsung oleh anggota TNI AL. Pengalaman yang berbeda juga dirasakan saat seluruh siswa bermalam di kapal KRI SURABAYA 591. Siswa merasakan betul bagaimana isitahat dan tidur di kapal perang yang begitu megah dan menampung hingga kurang lebih 2.000 orang.   

Di akhir kegiatan sebelum penutupan MPLS siswa diberi kesempatan belajar PBB secara langsung oleh TNI AL. Semoga dengan pembekalan MPLS oleh TNI AL mampu menjadi modal dalam menciptakan generasi pemimpin yang rahmatan lil alamin.

Ustad Azam Afian Dinata, Sos. / SMA Al Muslim