Berita

SMA AL MUSLIM VISIT TO CAMPUS UGM YOGYAKARTA

15 Oktober 2019

9-10 Oktober 2019. Puluhan siswa kelas XII SMA Al Muslim melaksanakan visit to campus ke Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Kunjungan ke UGM dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2019 namun rombongan SMA Al Muslim datang ke Yogyakarta satu hari sebelum pelaksanaan kunjungan yakni tanggal 9 Oktober 2019. Perjalanan dimulai pagi hari pukul 06.00 WIB berkumpul di aula SMA Al Muslim. Ketika perjalanan memasuki tol yang biasanya enak dibuat tidur, tidak dibiarkan begitu saja melainkan kegiatan diisi dengan kegiatan peer motivation atau motivasi sebaya yang dikemas dengan menyenangkan.

Motivasi dibacakan sesuai dengan urutan siswa yang kedapatan giliran botol motivasi saat musik yang diputar berhenti. Siswa yang kedapatan botol tersebut memilih dan membacakan motivasi yang sebelumnya sudah dituliskan oleh masing-masing siswa sebelumnya. Siswa pun membacakan motivasi yang dipilih melalui microphone dan siswa yang membuat tulisan motivasi tersebut menyampaikan maksud dan tujuan menuliskan motivasi tersebut. Tak jarang motivasi yang ditulis berangkat dari pengalaman hidup dan harapan yang ingin diraih serta tips menjadi pribadi yang hebat dan sukses.

Seluruh siswa tidak hanya menyiapkan motivasi saja untuk dibacakan melainkan juga menyiapkan kado untuk ditukar dengan satu sama lainnya dengan ketentuan nominal minimal kado sebesar Rp. 25.000. Tukar kado tersebut dilakukan secara serentak pada saat perjalanan di bus sehingga membuat suasana di bus semakin riuh. Waktu yang ditempuh lewat jalan tol pun tidak terasa karena kondisi di bus yang begitu memotivasi dan menyenangkan. Tidak terasa sudah memasuki kota klaten dan sejam kemudian sampai di destinasi pertama yakni di candi prambanan.

Perjalanan ke candi prambanan siswa mengenal salah satu kearifan lokal Yogyakarta berupa peninggalan candi budha. Siswa tidak sendiri dalam mengenal kearifan lokal candi prambanan melainkan dipandu oleh salah satu guide candi prambanan yang menjelaskan sejarah singkat candi yang sempat runtuh terkena gempa yang melanda Yogyakarta pada tahun 2006. Candi Prambanan ini juga diceritakan erat dengan kisah legenda roro jongglang.

Setelah makan siang rombongan SMA Al Muslim menuju ke rumah makan dan melanjutkan perjalanan menuju the cube hotel untuk check in dan istirahat. Malam hari rombongan SMA Al Muslim menikmati indahnya malam di Malioboro. Keesokan harinya rombongan SMA Al Muslim menuju Gedung Fakultas Pertanian Teknologi UGM. Kedatangan rombongan SMA Al Muslim disambut hangat oleh protokol UGM dan ditempatkan di tempat paling depan bersampingan dengan sekolah Global Internasional Binus Batam dan SMA Negeri 2 Jember.

Sebelum disampaikannya tentang seleksi masuk perguruan tinggi dan seputar UGM perwakilan siswa dari masing-masing sekolah diminta maju kedepan oleh pembawa acara untuk ditanya seputar perguruan tinggi. Perwakilan guru masing-masing sekolah pun juga diminta untuk menyampaikan maksud dan tujuan melaksanakan program visit to campus yang dalam hal ini SMA Al Muslim diwakili oleh ustad Azam selaku penanggung jawab. “selain ajang silaturahmi dengan perguruan tinggi juga kegiatan ini meningkatkan motivasi siswa agar memiliki semangat dan harapan yang tinggi meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi favorit” Ujar Ustad Azam Afian Dinata.

Penyampaian tentang seleksi perguruan tinggi dan seputar UGM disampaikan langsung oleh Ibu Dyana Rakhmasari yang diawali dengan mengenalkan jumlah fakultas dan jurusan-jurusan yang ada di UGM. Beliau juga menyampaikan tingkat keketatan yang ada di UGM masing-masing jurusan sehingga bisa dibuat acuan oleh seluruh siswa dan guru yang hadir namun beliau juga menyampaikan bahwa acuan yang ada tersebut tidak bisa dijadikan patokan pasti karena beberapa tahun mengalami perbedaan tingkat keketatan pada masing-masing jurusan.

Persoalan biaya UGM menggunakan uang kuliah tunggal (UKT) dengan melihat penghasilan orang tua yang digolongkan mulai dari golongan I hingga golongan VIII. Menjadi mahasiswa UGM bisa ditempuh melalui dua jalur yakni jalur seleksi nasional dan ujian tulis (utul). “di UGM baik seleksi Nasional maupun ujian tulis UGM memiliki keketatan yang sama dalam jumlah pendaftar” Ujar Ibu Dyana. Banyak yang bisa ditempuh untuk menjadi seorang mahasiswa di UGM. Selain program sarjana UGM juga membuka program vokasi khususnya untuk jenjang diploma IV. Sebelum meninggalkan mengakhiri kegiatan beberapa siswa SMA Al Muslim juga berpartisipasi dalam memberikan pertanyaan kepada narasumber. Kegiatan pun diakhir dengan sesi foto-foto dan pemberian cinderamata.

Selepas dari UGM rombongan SMA Al Muslim tidak meninggalkan kota istimewa tersebut begitu saja melainkan berkunjung ke dua destiasi lagi yakni hutan pinus pegger dan bukit becici. Kedua tempat tersebut cukup menghibur karena tempatnya yang begitu sejuk dan banyak spot foto yang bagus untuk mengabadikan momen. Kondisi tubuh yang sudah lelah tidak mengalahkan semangat untuk menikmati indahnya alam yang merupakan salah satu kearifan lokal yang dimiliki kota istimewa jogja. Fabiayyi alaa irobbikuma tukadzibaan. Ustad Azam Afian Dinata, S.Sos.