Berita

SANG PEMIMPIN CILIK BERLATIH KERJASAMA, KETANGKASAN DAN KEMANDIRIAN

26 Februari 2020

Ayo siapa yang mau bantu mendirikan tenda?...
Aku ustadzah aku mau... (suara antusias beberapa anak yang berebut menawarkan bantuan)

Selasa, 25 Februari 2020 merupakan hari yang sudah ditunggu-tunggu khususnya oleh siswa TK-B Al Muslim, karena pada hari tersebut para siswa akan mengikuti kegiatan Camping Kids di sekolah. Camping Kids merupakan agenda rutin setiap tahun dan juga salah satu dari program unggulan Leadership Al Muslim. Kegiatan camping kids ini bertujuan untuk melatih kerjasama, kemandirian dan ketangkasan siswa.

Sebelum kegiatan camping dimulai, para siswa dan guru berkumpul di hall KB-TK Al Muslim untuk berdoa bersama, serta mendengarkan pengarahan dari guru tentang kegiatan dan games yang akan dilakukan. Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan dari Waka KB-TK dan penabuhan perkusi yang menandai dimulainya acara Camping Kids.

Yang menarik pada Camping Kids tahun ini, siswa bekerjasama mendirikan tendanya sendiri dengan sedikit bantuan dari guru. Setelah mendirikan tenda, para siswa mengikuti games pada beberapa pos yang sudah tersedia, diantaranya: Pos I yaitu halang rintang dan melipat baju, pos II memindahkan bola dengan stik drum sambil berjalan zig-zag, dan pos III mendengarkan cerita yang dibacakan guru lalu menggambar ilustrasi cerita sesuai imajinasi dan daya ingat siswa. Semua pos dapat dilalui siswa dengan baik, setiap akan berganti pos para siswa juga membunyikan yel-yel kelasnya yang makin menambah keseruan acara Camping Kids kali ini.

Setelah istirahat sejenak dengan menikmati kue giliran, siswa mengikuti permainan tradisional seperti engkle, bola bekel, dakon dan jentikan yang dilakukan di area tenda mereka masing-masing, lalu membaca buku cerita sambil menikmati suasana sejuk di dalam tenda.

Rangkaian acara Camping Kids berlanjut dengan makan siang, sholat dhuhur berjamaah di mushola sekolah, lalu berenang bersama-sama. Kegiatan diakhiri dengan pembongkaran tenda. Semoga acara Camping Kids tahun depan semakin seru dan lebih menarik lagi. Amiiin.. Ustadzah Nanik Indawati/Guru KB-TK Al Muslim