Berita

SAMBUT HARI PANGAN NASIONAL 2019 ALA SD AL MUSLIM

13 Oktober 2019

Sambut hari pangan sedunia atau world food day yang diperingati setiap 16 Oktober, puluhan siswa SD Al Muslim beserta 80 lansia yang terdapat di sekitar lingkungan sekolah lakukan sarapan kacang hijau bersama pada Minggu, 13 Oktober 2019.  Mengajak lansia makan bersama-sama dalam satu meja atau dalam satu kegiatan akan meningkatkan nafsu makan mereka.

Memerhatikan asupan nutrisi seimbang merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan lansia (orang lanjut usia). Hal tersebut tidak hanya membantu lansia mengontrol berat badan dan mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan, pola makan sehat juga akan menurunkan risiko berbagai komplikasi penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

Kacang hijau memiliki Kacang hijau termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan yang merupakan sumber protein yang sangat baik, rendah lemak, dan mengandung banyak serat serta antioksidan. Kacang hijau juga mengandung kalsium, zat besi, zinc, kalium, fosfor, vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Ragam nutrisi lain yang ada dalam kacang hijau adalah mangan, selenium magnesium, dan karbohidrat yang tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Selain melakukan sarapan kacang hijau bersama juga dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh dr. H. Agus Ali Fauzi, PGD, Pall Med (ECU). Satu persatu lansia yang hadir diperiksa dan diberikan obat sesuai dengan keluhan yang ada. Bukan hanya itu, lansia yang hadir juga diberikan uang saku dan bingkisan sembako yang didalamnya juga terdapat susu sebagai asupan kalsium lansia. Kalsium berperan penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Sayangnya, penyerapan kalsium untuk tulang akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Jika kepadatan tulang mulai berkurang hal ini akan membuat seseorang lebih rentan terhadap pengeroposan tulang dan gigi. Menurut angka kecukupan gizi untuk masyarakat Indonesia, kebutuhan kalsium lansia dalam sehari adalah sebesar 1.000 mg.

Kegiatan lansia di Yayasan Pendidikan Al Muslim rutin dilaksanakan setiap bulan sebagai aplikasian pembelajaran leadership dan green education dapat berjalan dengan baik dan lancar. Siswa kelas III Ibnu Sina, Ibnu Rusydi, dan Ibnu Khaldun yang bertugas dengan didampingi Ustadzah Siti, Ustadzah Ani, Ustadzah Lisa, dan Ustadzah Fiqoh sebagai guru kelas, serta Ustadzah Zaim selaku ketua Gugus Leadership Yayasan Pendidikan Al Muslim mampu melakukan dan menerapkan empati, simpati, dan berbagi dengan baik. Siswa yang hadir tak segan membimbing para lansia yang dating untuk memasuki hall KB-TK Al Muslim yang dijadikan tempat pelaksanaan kegiatan.

Rangkaian acara kegiatan lansia dalam menyambut hari pangan nasional 2019 ini terdiri dari senam bersama lansia dipimpin Ustadzah Zaim dan segenap siswa siswa kelas III, pembacaan dzikir dan doa pagi dengan dipimpin Ustadzah Zaim, sarapan bersama, pemeriksaan kesehatan, pembagian uang saku dan bingkisan sembako.

Senam yang dipimpin Ustadzah Zaim dan segenap siswa yang bertugas pada pagi ini mampu menuai senyum mereka yang terkadang tampak malu-malu karena malu terlihat giginya yang ompong. Namun demikian tak satupun yang tidak tersenyum setiap kali lansia yang hadir berpindah gerakan senamnya. Semoga senyum ceria dan semangat mereka senantiasa menghiasi pagi penuh berkah dan membuat para lansia sehat selamanya walau usia mulai senja dan gigi pada ompong semua.

Ustadzah Zaimatus Zaifaro, M.Pd., / Ketua Gugus Leadership Yayasan Pendidikan Al Muslim Jawa Timur

Sekretaris Forum Sekolah Adiwiyata Tingkat Sekolah Dasar Provinsi Jawa Timur