Berita

Untitled Document

PONDOK RAMADHAN 1439 H SMP AL MUSLIM

04 Juni 2018

Kegiatan ini berjalan selama dua hari satu malam. Mengisi bulan suci Ramadhan dengan berbagai kegiatan bernuansa Islami, merupakan bagian dalam pembelajaran siswa-siswa di sekolah. Setiap tahun, saat memasuki Bulan Ramadhan, siswa memang kami wajibkan untuk ikut serta dalam kegiatan Pondok Ramadhan. Pondok Ramadhan sudah menjadi tradisi di SMP Al Muslim.

Dalam rangka meningkatkan rasa taqwa kepada Allah SWT, serta bersamaan dengan datangnya bulan Ramadhan 1439 H, maka pada minggu kedua Ramadhan ini, (Senin-Selasa, 4-5 Juni) SMP Al Muslim mengadakan kegiatan Pondok Ramadhan dengan mengusung tema “Sang pemimpin menggapai impian dengan Akhlakul karimah”. Kegiatan tersebut  mendatangkan tim trainer “Kaffa Training Center” dari Gontor.

Tepat pukul 07.30, acara resmi dibuka oleh Ustadzah. Fatimatuz Zahro, S.Pd, selaku kepala sekolah, beliau mengingatkan ada satu perkara bila kita lakukan, bulan suci Ramadhan supaya seperti benar-benar nuansa ramadhan kita mendatangi langgar-langgar, masjid, maupun mushola untuk tadarus Al Qurán dengan istiqomah, sebab kids zaman now sudah terkikis dengan dunia teknologi yang pada akhirnya meyia-nyiakan waktunya untuk ritual ibadah. Karena Ramadhan bertepatan dengan bulan Nuzulul Qurán, Siswa Siswi diharapkan tekun untuk membaca Al-Qurán baik di sekolah, di rumah maupun di masjid-masjid di dekat rumah.  Acara dilanjutkan materi pertama yang disampaikan oleh nara sumber Ustadzah Siti Hariroh, S.Ag, M.Pd. beliau menyampaikan tentang Ketentuan Puasa dalam segi Fikih, siswa aktif dan berjalan sangat hikmad dan seru dengan system tanya jawab serta kuis.

Kegiatan selanjutnya mengaji Al-Qurán dengan Ustadz-ustdzah tilawati sesuai dengan kelasnya masing-masing, setelah itu melaksanakan shalat Dzuhur dengan berjamaah. Pada pukul 12.30 kegiatan selanjutnya bertema SMS (Super Memories Suroh) sebuah metode cara cepat menghafal nomer surat berikut jumlah ayatnya di dalam Al-Qurán, sebanyak 171  peserta yang terdiri dari siswa siswi SMP Al Muslim mulai dari kelas 7 hingga kelas 8 berlomba lomba  menunjukan kemampuan dirinya dalam setiap kegiatan yang di berikan oleh trainer. Begitu mereka mengikuti sesi kerohanian berupa sholat Tarawih dan Qiyamul Lail, mereka terlihat begitu khusu’ dan serius dan terlihat sebagian besar siswa sampai meneteskan air mata saat sesi perenungan malam.

Pada hari selasa 5 Juni 2018 selanjutnya siswa-siswi mengikuti materi kerohanian dan kedisiplinan melalaui kajian dari tim trainer “Kaffa Training Center” ini dijalani dengan suka cita oleh peserta Pondok Ramadhan. ini sungguh berbeda dengan suasana saat sesi penyampaian materi yang digelar di sore harinya. “Senang, capek, dan terharu bercampur jadi satu. Pokoknya Pondok Ramadhan kali ini begitu mengesankan”, jelas Dian, siswa kelas 8-C ini dengan antusias memberikan keterangan saat di tanya tim PAI Al Muslim. “Memang sengaja kami menghadirkan trainer dari luar dengan maksud agar siswa mendapatkan suasana yang berbeda, kalau setiap hari siswa selalu mendapat perhatian dan bimbingan dari Ustad-Ustadzah SMP Al Muslim, kali ini mereka bisa berinteraksi dan bersosialisasi langsung dengan trainer trainer islami, mereka bisa memahami karakter anak anak karena umur mereka tidak terpaut jauh. Semoga siswa siswi kami bisa memanfaatkan momen Pondok Ramadhan ini dan menjadikan pembelajaran bagi dirinya untuk menjadi lebih baik hingga akhirnya mampu menjadi Khalifah Fir Ardl yang rahmatan lilamin, Amin” harap Ustadzah Riroh selaku Tim PAI.