Berita

PEMBINAAN DAN SOSIALISASI PROGRAM UNGGULAN AL MUSLIM

16 Oktober 2019

Sabtu, 12 Oktober 2019. Seluruh ustad dan ustadzah melaksanakan pembinaan dan sosialisasi program unggulan Al Muslim oleh pembina yayasan Al Muslim Jawa Timur Ibu Ir. Hj. Erlina Nasution, M.Pd. yang melibatkan ustad dan ustadzah pengajar KB-TK-SD-SMP-SMA Al Muslim. Kegiatan yang dilaksanakan di aula SMA Al Muslim tersebut diawali dengan membaca surat Al Fatihah bersama yang dipandu oleh ustadzah Aminah selaku pembawa acara pada kegiatan tersebut. Pembinaan ini bertujuan untuk menguatkan visi dan misi sekolah yaitu membentuk karakter siswa sebagai khalifah fill ardl yang rahmatan lil alamin dengan program unggulan sekolah diantaranya program mengaji, leadership, serta green education.

Leadership merupakan salah satu program unggulan sekolah, yang sangat penting dalam menanamkan pendidikan karakter pada siswa. Ustadzah Erlina juga mengungkapkan bahwa "pendidikan karakter adalah ilmu hati". Pendidikan karakter di lingkungan Al Muslim telah diintegrasikan dalam program leadership. Nilai-nilai leadership terdiri dari 7 aspek yaitu mengenal diri, komunikasi, akhlak, proses belajar, mengambil keputusan, mengatur, serta kerja kelompok.

Peran guru sebagai motivator, inisiator, dan fasilitator bagi siswa harus paham terhadap 7 aspek leadership. Hal tersebut dikarenakan guru sebagai figur dan contoh bagi siswa di Al muslim. Ustadzah Nurul sebagai kepala bidang kurikulum yayasan Al Muslim juga menambahkan bahwa program mengaji sebagai hablu minallah, program leadership sebagai hablum minannas, dan program green education sebagai hablum minal alam bagi siswa Al Muslim.

Penanaman program unggulan tersebut ditanamkan kepada setiap peserta didik mulai dari KB-TK-SD-SMP-SMA melalui pembelajaran monolitik leadership itu sendiri dan juga penerapan nilai-nilai yang terintegrasi kedalam masing-masing mata pelajaran. Harapannya dengan menanamkan ketiga program unggulan tersebut peserta didik mampu menjadi generasi khalifatullah fiil ardl yang rahmatan lil alamin. Kegiatan ini ditutup dengan membaca doa yang dimpimpin oleh ustad agus dan dilanjutkan dengan kegiatan khataman bersama. Ustadzah Della Vinta Asprilla, S.Pd. (Guru Geografi SMA Al Muslim)