Berita

PEDULI KAUM DHUAFA DAN ANAK YATIM

09 Agustus 2012

Sidoarjo.  Sebanyak 840 bungkus sembako dibagikan kepada kaum dhuafa dan 380 bingkisan yang terdiri dari baju dan uang juga diberikan kepada anak anak yatim yang berada di lingkungan sekitar kampus Lembaga Pendidikan Al Muslim Jawa Timur (9/8/2012). Program peduli kaum dhuafa dan anak yatimini adalah puncak kegiatan dari serangkaian kegiatan sosial yang telah di lakukan selama bulan Ramadhan ini.

Baksos pada tahun ini bertepatan dengan momen perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-67, maka dari itu konsep acara yang dikemas memang sengaja di seleraskan dengan semangat perjuangan meraih kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia sejak 67 tahun silam itu, “Hiasi Ramadhan Dengan Semangat Kemerdekaan dan Kecerian adalah tema yang kami pilih untuk melatari acara ini”,  jelas Ust. Suwandi selaku ketua pantya. Acara yang digelar di Kampus C gedung SD Al Muslim itu bertambah meriah seiring penampilan yang begitu menghibur yang dipersembahkan oleh siswa siswi KB-TK-SD-SMP-SMA Al Muslim.

Sebelum pembagian bingkisan, para kaum dhuafa yang rata rata sudah lanjut usia itu di ajak bermain bersama dengan siswa siswi SD-SMP-SMA Al Muslim. Mereka bermain das-dasan, bekel, kempyeng, dan dakon. Para lansia itu diajak kembali ke masa silam dan mengingat kembali permaian permainan tradisional yang pernah akrab dengan mereka saat mereka masih remaja dulu. Memang hanya permainan itu yang ada pada saat itu, “ya permainan das-dasan seperti ini yang saya mainkan dulu bersama teman teman kampung, kami bermain di depan rumah senyampang menunggu berbuka puasa”, ungkap Bapak Abdullah dengan semangat.

Siswa siswi Al Muslim dan anak yatim yang terlibat permainan itupun terlihat sangat antusias walau mereka agak kaku dalam memainkan permainan itu maklum permainan macam itu memang telah terlupakan tergerus oleh permaian modern dan permainan online lainnya. Selain mereka diajak kembali ke masa silam dengan hadirnya permainan tradisonal itu, mereka juga di kenalkan tokoh tokoh pahlawan nasional penceteus kemeredekan R.I dalam sebuah permaianan puzzle seperti Soekarno, Hatta dan sosok pahlawan HR. Muhammad, pahlawan dari Suarabaya yang akan segera mendapat gelar pahlawan nasional dari pemerintah. Para pejabat Muspika kecamatan Waru, jajaran pengurus yayasan serta undangan terlihat begitu menikmati saat mereka menyaksikan permainan itu berlangsung.

Drs. H. Masyhuda, M.Pd selaku ketua yayasan Lembaga Pendidkan Al Muslim berpesan semoga bantuan berupa sembako untuk lansia dan pakaian untuk anak anak yatim bisa bermanfaat untuk menghadapi lebaran nantinya. Camat Waru juga menyampaikan rasa terimah kasihnya atas kegiatan baksos itu dan berpesan agar sekolah dan lembaga lainnya bisa meniru apa yang telah di lakukan oleh Al Muslim.

Tepat menjelang Dhuhur, semua bingkisan telah terbagikan,  “Alhamdulillah, semua berjalan dengan aman dan lancar” ucap Ustad Suwandi selaku panitya sekaligus tim Humas Al Muslim diakhir kegiatan itu.