Berita

Untitled Document

MENYIRAM TANAMAN KACANG DI KEBUN SEKOLAHKU

29 Oktober 2018

Belajar sambil bermain, Bermain seraya belajar adalah motto dari pendidikan anak usia dini. Belajar pada pagi ini tidak seperti belajar pada hari-hari sebelumnya. Jika biasanya setiap pagi hari diawali dengan kegiatan mengasah motorik kasar seperti berlari, naik papan titian dan melompat, kali ini kegiatan pagi di awali dengan berkebun.….wah……asyiiik….spontan celetuk anak-anak kegirangan.

Pagi ini  (Senin 29/10/ 2018), anak-anak belajar menyiram tanaman kacang yang telah di tanam dari beberapa bulan yang lalu. Sekarang tanaman kacang sudah tumbuh segar, rindang dan menyenangkan. Pembelajaran di sekolah Al Muslim memang berbeda dengan pembelajaran dengan sekolah – sekolah yang lain. Di sekolah Al Muslim mempunyai program unggulan yaitu Green Education yaitu pembelajaran tentang lingkungan dan alam; yaitu  anak-anak di kenalkan secara langsung tentang pembelajaran alam dan lingkungan seperti menanam, menyiram atau merawat tanaman, serta nanti pada akhirnya yaitu memanen.

Pembelajaran ini menggunakan pendekatan saintific yaitu pembelajaran yang di rancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengetahui konsep, hukum/prinsip melalui tahapan-tahapan, seperti bagaimana cara menyiram tanaman, merawat dan memelihara, anak-anak belajar secara langsung dengan konteks yang nyata dan konkret.

Belajar menyiram tanaman di kebun sekolah sangat menyenangkan bagi anak-anak, karena mereka dapat pengalaman baru yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya, karena pada zaman sekarang memiliki sebuah kebun di tengah kota adalah hal yang sangat langka.   Kebanyakan mereka tinggal di perumahan yang halaman rumahnya sudah di paving rapi. Sungguh pengalaman hidup dan pembelajaran yang mengesanan bagi anak-anak, semoga tanaman kacang tanah ini terus tumbuh sehat dan segar sehingga nanti bisa di panen dengan baik bila nanti tiba waktunya.

                                                                                                (Ustadzah Masluhah Hanim, TK)