Berita

Untitled Document

MENGOLAH SAYUR DAN BUAH MENJADI MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI

03 Oktober 2018

Salah satu bentuk aplikasi dari pilar Green Education Ketrampilan Hidup maka pada hari kamis, 27 September 2018 diadakan  kegiatan cooking class bertemakan mengolah sayur dan buah menjadi makanan/minuman sehat dan bergizi yaitu membuat jasuke dan jus buah jambu merah.

Kegiatan pertama, siswa di kelas mengamati bahan serta tutorial cara pembuatan jasuke dan jus buah jambu merah. Kemudian menyimak penjelasan tentang manfaat mengkonsumsi makanan sehat yang berbahan dasar sayur dan buah-buahan. Salah satu manfaatnya dapat menyehatkan tubuh, karena sayur dan buah banyak mengandung vitamin serta mineral.

Setelah siswa mengetahui manfaat mengkonsumsi makanan sehat, kemudian mereka melakukan praktik membuat jus buah jambu merah. Ananda baim belajar menggunakan pisau untuk memotong buah dan teman-temannya secara bergantian memasukkan jambu merah, gula,pasir dan air ke dalam blender. Setelah selesai mereka menuangnya ke dalam gelas. Praktik mengolah buah menjadi minuman sehat telah selesai, dilanjutkan dengan praktik mengolah sayuran menjadi makanan sehat, yaitu jasuke.

Pada kegiatan kedua, siswa praktik membuat jasuke bersama. Az-zahra, syifa dan Devin bertugas untuk menyisir jagung dengan hati-hati. Sedangkan Hilmi, Abe serta Gilang memarut keju batangan. Memasukkan biji jagung ke dalam pengukus adalah tugas Baim, Rayyan dan Vinia. Ketika semua sudah matang, saatnya menyantap makanan serta minuman yang telah dibuat bersama. Semua siswa tersenyum ceria dan semangat melafalkan doa sebelum makanan dan minuman dengan suara lantang.

Alhamdulillah cooking class kelompok B-3 berjalan dengan lancar dan siswa semangat untuk mengikutinya. Semua siswa mau makan jasuke dan minum jus jambu merah sampai habis. Semoga mereka dapat bertumbuh menjadi anak-anak yang sehat, calon pemimpin yang gemar mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

 

(Ustadzah Dewi Suryowati/TK Al Muslim)