Berita

MELATIH SENSORIMOTOR MELALUI PERMAINAN LIGA RAMBUT

19 Maret 2021

Pada masa pandemi saat ini untuk mengembangkan kreativitas dan sensorimotor anak menjadi suatu tantangan bagi para pendidik, apalagi diusia 2-3 tahun terhadap yang belum bisa mengkiuti pembelajaran secara daring dalam waktu yang lama, untuk itu penggunaan teknologi, bukan hanya transmisi pengetahuan, tapi juga bagaimana memastikan pembelajaran tetap tersampaikan dengan baik dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak KB Kuncup.

Di sekolah KB TK Al-Muslim, kelompok bermain kuncup (usia 2-3 tahun) melakukan pembelajaran yang sangat menarik yang disenangi oleh anak yaitu bermain liga rambut. Bermain liga rambut merupakan salah satu permainan yang disukai anak dan banyak sekali manfaatnya bagi perkembangan anak antara lain: fisik motorik, perkembangan kognitif, bahasa, motorik dan sosial emosinal.

Main sensorimotor adalah kegiatan dimana anak bermain menggunakan seluruh panca indera mereka. Pada tahap ini anak-anak mendapat kesempatan untuk berhubungan dengan alat, orang lain maupun lingkungan sekitarnya. Main sensorimotor ini bertujuan untuk memberikan ransangan secara terus menerus melalui kegiatan bermain liga rambut yang melibatkan panca indera agar pontensi anak berkembang secara optimal dan menyengkan apalagi dalam masa pendemi saat ini.

Permain liga rambut ini menggunakan alat sederhana yang mudah kita jumpai di rumah, adapun alatnya antara lain: botol air mineral yang terisi air sepuruh, dan menggunakan tali rambut yang berwarna-warni atau bisa menggunakan karet rambut. Adapun cara bermainnya langkah pertama siapkan botol air mineral yang sudah terisi air supaya botol tidak jatuh atau rubuh, kedua siapkan beberapa karet rambut yang berwarna-warni supaya lebih menarik, kemudian susunlah karet rambut dilingkaran botol, bisa meminta anak untuk menyusun sesuai dengan warna supaya anak juga mengenal warna. Begitu seterusnya sampai karet rambutnya habis.

Permainan liga rambut mencakup beberapa bidang pengembangan antara lain: Fisik Motorik ketika anak berusaha menyusun karet rambut dengan caranya sendiri, anak-anak akan menggunakan koordinasi otot jari-jarinya mata dan otak supaya bisa tersusun. Kognitif, ketika anak mengambil karet rambut sesuai warna dan menghitung jumlah karet rambut yang sudah terusun. Bahasa, anak bisa mengerti perintah sederhana ketika orang tua memberikan perintah untuk mengambil karet rambut sesuai warna. Sosial Emosional anak bisa bersabar ketika dia berusaha menyusun karet rambut.

Semoga kegiatan permainan liga rambut ini dapat meningkatkan semangat belajar anak terutama dalam hal fisik motorik Motorik dan perkembangan sensorimotor anak KB Kuncup berkembang dengan baik. Tetap semangat ayah bunda menemani putri putri belajar di rumah, semoga pandemi ini segera berakhir (Ustadzah Umi Chulsum/TK Al Muslim)