Berita

Untitled Document

MENGEMBANGKAN SKILL LEADERSHIP SISWA KB AL MUSLIM MELALUI PRAKTIK BELANJA KE SUPERINDO

28 September 2018

Program leadership merupakan salah satu program unggulan yayasan Al Muslim. Dari 7 skill leadership, salah satu yang sangat penting dikembangkan adalah proses belajar. Dalam kesempatan ini, keterlibatan siswa sangatlah diutamakan sehingga mampu membangun pengetahuan baru.

Kunjungan ke supermarket merupakan salah satu  dari proses belajar leadership. Dengan praktik belanja mengajarkan tentang perihal keuangan  dan sabar menunggu antrian. Melalui cara ini anak tidak hanya diberikan pengetahuan, namun anak diberi kesempatan  praktik belanja secara langsung.

Sebanyak 34 siswa  KB Kuncup-Mekar diajak praktik jual beli di Superindo Wadungasri, Waru-Sidoarjo (26/9/2018). Para siswa diajak keliling dan dikenalkan apa saja yang dijual di Superindo dari bermacam sayuran, buah-buahan, susu, warna buah dan warna sayur, serta diajakan juga cara memilih buah atau sayuran yang segar. Setelah mereka diajak keliling siswa memilih barang sesuai dengan keinginannya, ada yang membeli susu, roti, dan ada juga yang membeli buah, ada buah yang harus ditimbang oleh petugas. Setelah mereka memilih-milih sesuai dengan keinginanya, siswa mengantri dikasir untuk membayar barang belanjaannya.

Pada akhir kegiatan siswa berkumpul untuk mengucapkan terima kasih kepada pihak Superindo karena sudah diperbolehkan untuk belajar, dan pihak Superindo juga memberikan give away berupa bingkisan snack yang membuat siswa senang. Semoga kegiatan kali ini bermanfaat untuk siswa KB Al Muslim.

                                                                             (Ustadzah Nur Chasanah-KB Al Muslim)