Berita

MELESTARIKAN BUDAYA INDONESIA DENGAN BERMAIN ALAT MUSIK

17 Oktober 2019

Angklung alat musik yang berasal dari Jawa Barat atau tanah Sunda. Alat musik yang terbuat dari bambu. Dan angklung itu sudah mendunia, sudah banyak masyarakat dunia mengenal angklung. Angklung sangat mudah dimainkannya, hanya tinggal digoyangkan saja. Angklung yang terbuat dari bambu erat hubungannya dengan kehidupan masarakat yang berhubungan dengan padi.

Bahan yang digunakan untuk angklung adalah bambu. Jenis bambu yang digunakan adalah bambu hitam /awi wulung dan bambu putih/awi temen. Bunyi yang dihasilkan berasal dari tabung dari bambu yang punya ukuran berbeda dari kecil sampai besar. Dulu jaman kerajaan Sunda angklung ini digunakan untuk penyemangat saat pertempuran.Sehingga pada masa penjajahan Belanda sempat dilarang dan hanya dimainkan oleh anak-anak. Juga saat penanaman padi diiringi dengan bilah-bilah bambu yang dibunyikan yang kelak menjadi angklung. Akhrinya angklung sekarang digunakan untuk pertunjukan seni musik.

Bermain angklung ternyata punya manfaat yang baik untuk  anak anak dan angklung digunakan sebagai alat pendidikan karena :

  • Murah. Harga angklung dibandingkan dengan instrument alat musik lainnya bisa dibilang murah
  • Mudah . sangat mudah memainkannya hanya tinggal menggoyangkan saja, beda dengan alat musik yang lain yang perlu belajar lama untuk bisa memainkannya.
  • Masal. Akibatnya bisa dimainkan banyak orang dan semua bisa berpartisipasi.
  • Mendidik . Karena saat bermain angklung diperlukan kerjasama, tanggung jawab dan disiplin.
  • Menarik . Angklung ini menarik karena bunyi yang dikeluarkannya khas 
  • Meningkatkan kekuatan otak
    “Studi menunjukan, anak-anak yang belajar angklung/alat musik lainnya memiliki kemampuan akademik yang lebih tinggi”, Children Music Specialist.
    Musik merangksang bagian otak yang berhubungan dengan kemampuan membaca, berhitung dan emosi sehingga kekuatan otak menjadi lebih baik.
  • Meningkatkan Daya Ingat
    Belajar musik di usia dini dapat meningkatkan kemampuan belajar anak, si kecil di tuntut untuk menghafal kunci nada dan memahami jenis paritur agar bisa menghasilkan instrument yang indah.
    Karena alasan inilah kemampuan mengingat si kecil aka terus berkembang.
  • Menumbuhkan kreatifitas
    Satu lagi manfaat bermain angklung adalah dapat menumbuhkan kreatifitas, ketika belajar si kecil tidak selalu mengikuti partitur yang diberikan pembimbing/guru saja, ia juga akan mencoba membuat musiknya sendiri.
    Hal ini menjadikan si kecil harus berfikir kreatif untuk menghasilkan karya yang indah.

Untuk melestarikan budaya Indonesia serta menumbuhkan kreativitas siswa , TK Al Muslim mengadakan ektrakulikuler Angklung, Ektrakulikuler angklung rutin di laksanakan pada hari Rabu pukul setengah tiga sore di Aula KB TK Al Muslim. Sebanyak 48 siswa kelompok TK A dan kelompok TK B sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Karena jumlah peserta yang mengikuti ekstrakulikuler angklung sangat banyak, aktivitas memainkan angklung di bagi menjadi 2 bagian.Bagian yang pertama sebagian siswa memainkan angklung dengan tempat di depan Aula, sedang sebagian siswa yang lain menyimak temannya yang sedang memainkan angklung di bagian belakangnya, setelah selesai lanjut bergantian memainkannya.

Ustad Fajar sebagai pengajar di ekstrakulikuler angklung sangat bersemangat dalam mengajarkan bagaimana cara memainkan angklung, mulai cara memegang angklung yang benar juga cara menggoyangkan angklung sesuai dengan notasi angka ( 1  2  3   4   5   6  7 do    re    mi    fa    sol    la    si) supaya terjadi keserasian dalam memainkan angklung sehingga terdengar lagu yang sangat indah dan harmonis.

Dengan sangat telaten ustad Fajar mengajarkan cara memainkan musik angklung dengan lagu: Sayang Semuanya dan Kasih Ibu sesuai dengan not angka, setelah itu siswa di ajak bernyanyi bersama lagu tersebut, mereka baru pertama kali melihat angklung dalam wujud aslinya dan baru pertama kali belajar angklung. Sehingga mereka begitu gembira terpancar dari wajah mereka, dari antusias sampai rasa penasaran.

Angklung memang banyak manfaat bagi anak-anak untuk belajar kerjasama, disiplin , tanggung jawab dan mengajarkan juga untuk mencintai budaya sendiri. Angklung sudah mendunia dan patut kita sebagai anak negeri untuk bisa mempelajari angklung agar tertanam rasa cinta tanah air Indoneisa. Nah, inilah yang kita ingin ajarkan pada anak-anak, selain bisa memainkan dan mengambil manfaat dari main angklung juga agar rasa cinta tanah air bisa terpatri di dada mereka. Sejak dini diajarkan cinta tanah air lewat alat musik tradisional dan anak-anak bangga menjadi anak Indonesia. (Ustadzah Mudjiastutik, S.Pd)