Berita

Untitled Document

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI KB TK AL MUSLIM

31 Juli 2018

Hari pertama masuk sekolah telah tiba. Kehadiran siswa KB – TK Al Muslim disambut para ustadzah, berbagai ekspresi ditunjukkan, ada yang tersenyum memberikan salam kepada ustadzah yang menyambut dihalaman , ada yang masih malu – malu, ada juga yang takut – takut , ada yang wajahnya cemberut bahkan ada juga yang menangis. Fenomena  seperti ini terlihat setiap awal tahun ajaran baru ketika masuk pertama sekolah. Alhamdulillah pada tahun ini sebagian besar siswa sudah mandiri mau ditinggal oleh orang tuanya, neneknya bahkan dengan pengasuhnya.

Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) KB TK Al Muslim berlangsung selama 1 minggu mulai tanggal  9 – 13 juli 2018 . Pada hari pertama sekolah siswa masuk  pukul 07.15 – 10.00 setiap hari siswa pulangnya bertahap bertambah 1 jam setiap harinya sampai penuh sehari pada akhir MPLS tanggal 13 juli 2018.

Ustadzah Siti Aminah M.Pd selaku Kepala sekolah KB – TK Al Muslim dalam sambutannya menyampaikan pada masa MPLS para orang tua boleh mendampingi putra/putrinya yang belum mau ditinggal selama seminggu selebihnya bisa ditinggal dengan para ustadzah.  Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para orang tua yang telah mempercayakan putra – putrinya kepada para ustadzah KB - TK Al Muslim. Imbuhnya ustadzah Aminah. Pada hari pertama sekolah para siswa diajak mengenal ustadzah,teman dan lingkungan sekolah sekitarnya. Aturan dalam kelas pun juga dikenalkan kepada siswa misalnya: apa yang harus dilakukan ketika datang kesekolah, dimana mereka meletakkan sepatu,sandal dan tasnya, dimana mereka harus mencuci tangan sebelum makan & mencuci piringnya serta bagaimana cara memulai dan mengakhiri belajarnya disekolah.

Selain itu para siswa diperkenankan untuk menampilkan tampilan setiap kelas untuk melatih keberanian di depan temannya , hal ini bertujuan supaya siswa lebih berani dan bisa menjadi para calon pemimpin.

Akhirnya kegiatan MPLS hari pertama, siswa diajak membuat karya mainan untuk dibawakan pulang setiap hari siswa juga diajak membuat kreativitas untuk dibawakan pulang agar siswa senang dan penasaran apa lagi yang akan dibawa pulang dihari selanjutnya / hari berikutnya, hal ini bertujuan supaya siswa merasa senang berada disekolah dan besok mau sekolah lagi dengan senang dan gembira. Sebagai penutup siswa diajak untuk berdoa supaya selamat sampai dirumah.