Berita

KB-TK AL MUSLIM MENGENAL LEBIH DEKAT KABUPATEN SIDOARJO

11 Februari 2021

Sabtu, 6 Februari 2021 KB-TK Al Muslim Sidoarjo mengadakan kegiatan Puncak Tema Kabupaten Sidoarjo.Puncak tema kali ini bertepatan dengan peringatan hari jadi Kabupaten Sidoarjo yang ke-162 yang terbentuk pada tanggal 31 Januari 1859. Kegiatan ini dilaksanakan via media virtual zoom meeting, dan diikuti oleh 140 siswa dan guru.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an surat Al Qashash ayat 85 yang mempunyai tafsir cinta tanah air dalam hal ini cinta tempat tinggal yaitu kabupaten Sidoarjo dan sari tilawah yang dilantunkan olehsiswa TK B. Dilanjutkan dengan sambutan Ibu kepala sekolah. Kemudian pemutaran video tentang destinasi wisata yang ada di kabupaten Sidoarjo. Pada kesempatan ini anak-anak dikenalkan dan diajak menikmati indahnya wisata yang ada di Sidoarjo melalui tayangan video. Mulai dari monument Jayandaru yang berdiri kokoh di alun-alun Sidoarjo, tidak jauh dari situ berdiri masjid yang sangat megah yaitu masjid Agung Sidoarjo, dilanjutkan dengan mengenal masjid Al Abror yang konon merupakan masjid tertua di Sidoarjo, dan sampailah kita kepulau Lusi yang merupakan pulau buatan dari endapan lumpur lapindo.

Sidoarjo tidak hanya memiliki destinasi wisata yang indah, namun juga mempunyai kesenian khas yang melambangkan budaya masyarakat Sidoarjo yaitu Tari Bandeng Nener yang dibawakan oleh Ustadzah Atiek dan diikuti oleh seluruh siswa. Tidak sampai disitu anak-anak juga dikenalkan situs sejarah Candi Pari, Candi Sumur, dan Museum Kreweng, tidak ketinggal ananak-anak juga dikenalkan kuliner khas Sidoarjo dan cerita rakyat yang melegenda yaitu Sarip Tambak oso. Selain itu siswa diajak untuk berkreasi membuat hasil karya perahu, yang merupakan alat transportasi masyarakat Sidoarjo untuk mencari ikan, yang notabene sebagai nelayan.

Ustadzah Siti Aminah selaku kepala sekolah KB-TK Al Muslim dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan menanamkan karakter cinta tanah air (dalam hal ini Kabupaten Sidoarjo) untuk mengenal lebih dekat dan dapat mensosialisasikan budaya atau kearifan lokal kabupaten Sidoarjo juga destinasi wisatanya supaya bisa menjadi salah satu tempat alternatif tujuan berlibur menghilangkan rasa bosan berada di rumah setelah masa pandemic berakhir. Budaya, sejarah, dan kekayaan alam yang dimiliki kabupaten Sidoarjo tidak kalah banyak dan menarik disbanding dengan kota-kota lain di Jawa Timur. Harapan dari diselenggarakannya kegiatan ini, kelak siswa bisamenjadi generasi yang cinta tanah air, menjaga, melestarikan, dan mengenalkan budaya Sidoarjo hingga mendunia. Amiin Ya Robbal Alamiiin.... (Ustadzah Salucha/Guru KB-TK)